ALOKASI DANA KEISTIMEWAAN DIY TAHUN 2021 DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Hits: 0

Alokasi Dana Keistimewaan DIY Tahun 2021 di Kabupaten Gunungkidul telah ditetapkan seiring dengan pelaksanaan Penandatangan Berita Acara Program Kegiatan Keistimewaan DIY Tahun 2021 antara Pemerintah DIY dan Pemerintah Kabupaten/Kota se DIY yang dilaksanakan pada hari Jumat, 6 November 2020 di Kompleks Kepatihan DIY. Kesepakatan ditandatangani oleh Paniradyo Pati Kaistimewan, Kepala BPKA DIY, Kepala Bappeda Kabupaten/Kota, serta Perangkat Daerah Pengampu Bidang Urusan Keistimewaan di Kabupaten/Kota se-DIY. Pengampu Urusan Keistimewan DIY dimaksud adalah Dinas Pertanahan Tata Ruang (Kundha Niti Mandala Sarta Tata Sasana) untuk Bidang urusan Tata Ruang dan Pertanahan, Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) untuk bidang urusan Kebudayaan, dan Bagian Organosasi untuk Bidang Urusan Kelembagaan.

Alokasi Anggaran Dana Keistimewaan di Kabupaten Gunungkidul Tahun 2021 ditetapkan sebesar Rp51.655.009.300,00, dengan rincian Urusan Kelembagaan Rp3.283.312.300,00, Urusan Kebudayaan Rp41.842.525.000,00 dan Urusan Pertanahan Rp6.529.172.000,00. Alokasi Dana keistimewaan tersebut dianggarakan melalui mekanisme Bantuan Keuangan Khusus kepada Kabupaten. Dalam sambutan dan pengarahan, Paniradyo Pati Kaistimewan Aris Eko Nugroho,SP,M.Si. menyampaikan bahwa tata kelola dana keistimewaan terus dievaluasi dan diperbaiki dalam rangka memastikan Dana Keistimewaan dapat lebih memberi manfaat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat DIY. Perlu diketahui bahwa sejak berlakunya Keistimewaan mulai tahun 2013 sampai dengan Tahun 2018, alokasi anggaran keistimewaan hanya dianggarkan di APBD DIY, Kabupaten/kota melaksanakan kegiatan selaku Kuasa Pengguna Anggran (KPA). Namun mulai tahun 2019 alokasi Dana Keistimewaan sudah masuk dalam APBD Kabupaten melalui mekanisme Bantuan Keuangan Khusus. Pengalokasian BKK Dana Keistimewaan Tahun 2019 baru dilaksanakan untuk KAbupaten Gunungkidul dan Kulonprogo, dan mulai tahun 2020 dilaksanakan di seluruh Kabupaten/ Kota se- DIY.

Paniradyo Pati Kaistemewan juga menyampaikan bahwa sesuai arahan Gubernur DIY, untuk Tahun 2021 Alokasi Dana Keistimewaan juga sudah memulai pengalokasian melalui Mekanisme BAantuan Keuangan Khusus kepada Kalurahan. Hal ini sebaga tindak lanjut telah ditetetapkannya kelembagaan Kapanewon dan Kalurahan dengan Peraturan Gubernur DIY Nomor 25 Tahun 2019 tentang Pedoman Kelembagaan Urusan Keistimewaan pada Pemerintah Kabupaten/Kota dan Kalurahan, dan telah ditindaklanjuti dengan penetapan Peraturan Daerah di Kabupaten/Kota di DIY. Untuk Kabupaten Gunungkidul, BKK ke desa Tahun 2021 mencakup : 1. Desa Mandiri Budaya (Bejiharjo dan Putat); 2. Desa Padat Karya (Jerukwudel, Jepitu, Natah, Girisuko, Banyusoca); 3. Desa Karang Kopek (Kalitekuk, Kemejing); 4. Desa Budaya Maritim/Bahari (Tileng). Dengan kebijakan BKK ke Kabupaten dan Desa tersebut diharapkan manfaat keistimewaan DIY dapat lebih dirasakan oleh masyarakat. (ard)