MONITORING MINAPADI DI KAPANEWON PONJONG

Hits: 0

Bappeda Kabupaten Gunungkidul pada hari Kamis, 19 November 2020 lalu, mengunjungi salah satu kelompok minapadi di Kapanewon Ponjong yang merupakan penerima anggaran DAK Cadangan Tahun 2020. Terdapat 2 (dua) kelompok yaitu “Pokdakan Mina Manunggal” dan “Pokdakan Doyo Mino”. Bappeda mengunjungi Kelompok Minapadi “Pokdakan Mina Manunggal” yang beralamat di Susukan II, Kalurahan Genjahan, Kapanewon Ponjong. Pokdakan Mina Manunggal merupakan salah satu penerima kegiatan mina padi yang sumber anggarannya berasal dari DAK Cadangan tahun 2020 pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gunungkidul.

Kegiatan minapadi yang dikembangkan bisa bermanfaat, untuk perekonomian masyarakat setempat. Pemilihan Kapanewon Ponjong bukan tanpa alasan karena di lokasi tersebut memenuhi kriteria dalam pengembangan, di mana membutuhkan lahan persawahan yang memiliki banyak air. Keberadaan pertanian dengan sistem minapadi akan memberikan banyak manfaat. Salah satunya, untuk mendorong tingkat pertumbuhan ekonomi petani untuk bisa lebih sejahtera lagi.

Pada kegiatan minapadi secara penuh diberikan bantuan mulai dari bibit hingga kebutuhan selama masa pemeliharaan. Model ini sangat bagus karena di satu lahan bisa digunakan untuk dua kegiatan yakni pertanian dan perikanan,

  • ARK