PAPARAN HASIL KERJASAMA PENELITIAN TAHUN 2020

Hits: 0

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Gunungkidul Kamis 5 Nopember 2020 menyelenggarakan kegiatan  pertemuan pembahasan laporan hasil penelitian secara daring. Acara ini digagas oleh Bidang Litbangdal khususnya Subbidang Penelitian dan Pengembangan, sebagai kelanjutan dari  bagian  kerja sama yang telah lakukan antara Bappeda dengan BPTBA LIPI, Universitas Gunungkidul dan Universitas Tidar Magelang  dalam  melaksanakan penelitian di wilayah Kabupaten  Gunungkidul. Pada tahun 2020 ini mengusung tema “Bangkit dari Covid 19 Menuju Masyarakat Gunungkidul yang Tangguh, Produktif dan Berdaya Saing”. Kerja sama penelitian ini menggarap 10 judul penelitian yang dilakukan oleh tiga lembaga tersebut meliputi : 2 Judul dikerjakan Universitas Tidar Magelang, 3 judul digarap BPTBA LIPI Yogyakarta dan 5 Judul dikerjakan oleh Universitas Gunungkidul.

Dalam daring tersebut peneliti diwajibkan melakukan paparan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dan mengirimkan draft laporannya untuk dapat dicermati oleh tim Bappeda. Dalam pencermatan paparan hasil penelitian tersebut, Subbid Penelitian dan Pengembangan melibatkan lintas bidang yang ada di Bappeda. Hadir paparan tersebut yaitu dari Bappeda meliputi : Kepala Bidang Litbangdal, Subbid Penelitian dan Pengembangan, Subbid Pelaporan, Subbid Penataan Ruang dan Pertanahan, Subbid Kesehatan, Sosial dan Ketenagakerjaan, Subbid Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi. Sedangkan dari BPTBA LIPI, UGK dan UNTIDAR hadir para tim peneliti yang melaksanakan sesuai dengan judul penelitiannya, turut hadir pula dalam kesempatan itu Kepala BPTBA LIPI Yogyakarta yaitu Satriyo Krido Wahono, Ph.D.

Paparan dilakukan secara paralel dan dilanjutkan diskusi, pertanyaan, tanggapan dan saran. Melalui telaah dan kritisi dari pelibatan lintas bidang ini diharapkan akan lebih meningkatkan kualitas hasil penelitian yang nantinya akan dijadikan rujukan untuk kebijakan Pemerintah Kabupaten Gungkidul.(Jalm.)