Koordinasi Litbang dengan Lembaga Penelitian

Hits: 0

Subbid Penelitian Pengembangan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kapupaten Gunungkidul pada hari Jumat 4 Desember 2020 melaksanakan koordinasi kegiatan penelitian pengembangan bersama 3 lembaga peneliti yaiitu BPTBA LIPI, Universitas Gunungkidul dan Universitas Tidar Magelang. Kegiatan ini dilaksanakan  bertempat di Ruang Rapat II lantai II Bappeda Gunungkidul.

Rapat koordinasi dibuka langsung oleh Kepala Bidang Penelitian Pengembangan dan Pengendalian  Rismiyadi, SP. M.Si. Dalam pengantarnya Rismiyadi mengatakan bahwa koordinasi ini tetap dilaksanakan secara tatap muka dengan penerapan standart protocol covid-19, disampaikan pula terkait penelitian yang telah dilakukan oleh lembaga peneliti. Harapannya  benar-benar berkualitas dan dapat memberikan sumbangsih bagi perencanaan pembangunan Kabupaten Gunungkidul.

Sementara itu menurut Subbid Penelitan Pengembangan Jalma Winarta MS, SP., kegiatan penelitian merupakan kegiatan strategi sebagai basic /dasar dalam suatu  perencanaan yang berdasarkan  suatu kajian. Kegiatan koordinasi ini dilakukan secara tatap muka dan secara online melalui zoom meeting yang digagas sebagai upaya mempererat kerja sama penelitian yang telah dilaksanakan oleh 3 Lembaga Peneliti bersama Bappeda. Demikian juga sebagai upaya untuk sharing pengalaman serta kendala dan permasalahan yang ditemui selama pelaksanaan penelitian .

Untuk diketahui pada tahun 2020 ini, Subbid Penelitian Pengembangan harus merampungkan 10 judul penelitian yang nantinya akan dijadikan dasar dalam pengambilan kebijakan oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Pengambilan Kebijakan nantinya akan dirumuskan baik berupa :  Peraturan Bupati, Surat Keputusan Bupati maupun Surat Edaran Bupati.

Dengan kebijakan pemerintah tersebut harapannya akan dapat memberikan manfaat sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Jalm)