Rakor Pemutakhiran Data Indikator SIDA SAMEKTA

Hits: 0

BAPPEDA – Senin (14/12/2020) Bidang Perencanaan Sub Bidang Pegelolaan Data Pembangunan BAPEEDA Gunungkidul telah mengadakan rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Indikator dalam SIDA SAMEKTA. Sesuai dengan Surat Edaran Bupati Gunungkidul Nomor 140 / 5685 Tentang Pemutakhiran Data Indikator Dalam SIDA SAMEKTA Tanggal 4 Desember 2020 maka untuk meningkatkan validitas data indikator dalam SIDA SAMEKTA diperlukan pemutakhiran data indikator dalam variabel data kemiskinan SIDA SAMEKTA.

Mengingat pentingnya Pemutakhiran data Indikator dalam proses perencanaan di Kabupaten Gunungkidul tahun 2022, maka indikator yang telah menjadi sasaran program melalui APBN, APBD D.I Yogyakarta, APBD Kabupaten Gunungkidul, dan APBD Kalurahan harus segera dilakukan pemutakhiran untuk mendapatkan data yang valid sesuai dengan data di lapangan.

Rapat yang dipimpin Kepala Bidang Perencanaan Wahyu Ardi Nugroho, S.STP., MA. Dihadiri oleh Dinas Sosial, DP3AKBPM&D, DPUPRKP, Dinas Kominfo dan Informatika, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Gunungkidul , Kepala Jawatan Sosial se Kabupaten Gunungkidul, serta para pendamping SID di semua Kapanewon.

Selain para tamu undangan yang hadir secara langsung, Combine Resource Institution ( CRI ) juga mengikuti rapat secara daring. Manajer Unit Pengelolaan Sumber Daya Komunitas Combine Resource Institution ELANTO WIJOYONO menyampaikan dukungan penuh dalam pemutakhiran data tersebut dan sepenuhnya akan mendampingi dalam pelaksanaannya.

Adapun Indikator yang akan dilakukan Pemutakhiran antara lain :
1. Kepemilikan Tempat Tinggal;
2. Sumber Air Minum;
3. Sumber Penerangan Utama;
4. Bahan Bakar Untuk Memasak; dan
5. Penggunaan Fasilitas Air Besar.
Dimana dalam setiap indikator tersebut memiliki beberapa sub indikator.

Pengumpulan data Hasil Pemutakhiran Data Indikator dalam SIDA SAMEKTA paling lambat 18 Januari 2021 disertai dengan Berita Acara yang telah di tandatangan oleh Lurah di masing-masing Kalurahan. (/subbid Pegelolaan Data Pembangunan)

Surat Edaran Bupati Gunungkidul Nomor 140 / 5685 Tentang Pemutakhiran Data Indikator Dalam SIDA SAMEKTA: SE PEMUTAKHIRAN DATA SIDA SAMEKTA (1)