Tugas Pembantuan Pembangunan Pasar Munggi

Hits: 0

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul pada tahun anggaran 2020 ini menerima alokasi dana Tugas Pembantuan melalui Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan. Kegiatan yang dilaksanakan adalah Pengembangan Sarana Distribusi Perdagangan dan Kapasitas Logistik, yaitu pembangunan pasar tradisional Munggi di Kapanewon Semanu. Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Gunungkidul merupakan Satuan Kerja yang ditunjuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Nilai kontrak konstruksi fisik pembangunan Pasar Munggi yang dibiayai dengan dana Tugas Pembantuan tersebut sebesar 2,17 milyar rupiah dari pagu anggaran semula yang disediakan sebesar 2,74 milyar rupiah. Sebagai pelaksana adalah PT. Wayu Kusuma Jati Pratama, dengan waktu pelaksanaan 65 hari kalender mulai tanggal 19 Oktober 2020.

Pada hari Kamis, tanggal 4 Desember 2020 Tim monitoring dan evaluasi dari Bidang Litbang dan Pengendalian menyambangi lokasi pembangunan. Pembangunan yang direncanakan berakhir kontrak pada tanggal 22 Desember 2020 tersebut telah sampai pada tahap akhir pembangunan. Menurut konsultan pengawas dari CV. Arsilon, penyelesaian pengerjaan akan dikebut dan ditargetkan tanggal 17 Desember sudah selesai.

Pembangunan pasar Munggi meliputi 30 kios ukuran 3×4 meter, 17 los, pos tera/ tera ulang, tempat pemotongan ayam, dan pos keamanan. Dilengkapi pula dengan ruang laktasi/kesehatan, fasilitas cuci tangan dan penyediaan alat pemadam kebakaran. Dengan dibangunnya pasar Munggi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas sarana distribusi dan kapasitas logistik perdagangan di wilayah Kapanewon Semanu dan Gunungkidul pada umumnya.(frans)