Kostumisasi SIPKD Dalam mendukung Perencanaan Daerah

[ 3 ] Comments
Share

Beberapa tahun belakang beberapa pemerintah daerah baik melalui APBD maupun Pemerintah Pusat dengan APBN nya melakukan pengembangan sistem informasi dangan pengadaan baik berupa perangkat lunak maupun perangkat keras. Disadari atau tidak Sistem Informasi berkembang demikian pesat disegala aspek kehidupan,termasuk dalam mendukung proses penentuan program / kegiatan dalam pemerintahan.

Sayangnya program ini banyak menemui kendala dalam pelaksanaan didaerah, mulai dari persoalan SDM, infrastruktur maupun ketersediaan data spasial yang dibutuhkan.Persoalan ini ternyata masih menjadi masalah utama dalam penerapan berbagai model sistem informasi dalam mendukung kinerja pemerintah. Apabila program ini berjalan dengan baik,tentunya akan sangat bermanfaat terhadap penyediaan data yang akurat, uptodate dan sangat informatif oleh karena itu, perlu usaha keras seluruh stakeholders, perubahan mindset terhadap sistem informasi dan dukungan anggaran yang memadai demi penerapan sistem informasi yang lebih baik.

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.

Dalam sektor pemerintah, perubahan lingkungan strategis dan kemajuan teknologi mendorong aparatur pemerintah untuk mengantisipasi paradigma baru dengan upaya peningkatan kinerja birokrasi serta perbaikan pelayanan menuju terwujudnya pemerintah yang baik (good govermance).

Terkait dengan hal tersebut pada tanggal 7 November 2011 Bappeda Kabupaten Gunungkidul melalui Bidang Pemerintahan, Sosial dan Budaya sebagai pelaksana teknis perencanaan daerah berupaya untuk melakukan singkronisasi dan kostumisasi modul perencanaan yang selama ini termuat dalam SIPKD. Dengan adanya modul tersebut diharapkan perencanaan pembangunan yang akan berjalan mampu dilakukan dengan efektif, efisien serta akurat sesuai kaidah-kaidah perencanaan yang ada.

Hadir dalam konsultasi tersebut Kabid PSB Sri Suhartanta beserta Kasubid Pemerintahan Saptoyo berikut staf teknis Setiyo Hartato. Dalam acara konsultasi tersebut disepakati beberapa hal yang utamanya adalah untuk memberikan ruang yang lebih luas bagi konsep perencanaan di dalam web base SIPKD yang selama ini lebih cenderung dipergunakan untuk mekanisme managemen keuangan daerah. (BAPPEDA-GK)

3 Responses to Kostumisasi SIPKD Dalam mendukung Perencanaan Daerah

  1. ardi says:

    maju terus pantang mundur

  2. antonius says:

    bapak atau ibu yang terhormat…

    mbok yao, update-nya dipersering. masa update informasi terkini kok tahun 2011. sekarang kan udah 2012. apa ga ada update terbaru?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>