APARATUR SIPIL NEGARA WAJIB BERINOVASI

Hits: 0

Bappeda Gunungkidul melalui Subbidang Penelitian dan Pengembangan, pada hari Senin 10 Februari 2020 melakukan kegiatan Sosialisasi Lomba Krenovamaskat (Kreativitas dan inovasi Masyarakat) bertempat di ruang rapat 2 lantai 2 Bappeda Gunungkidul Jalan Satria 3 Wonosari Gunungkidul. Sosialiasasi tahap kedua ini menghadirkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  se-Kabupaten Gunungkidul.

Pada kesempatan tersebut Kepala Bappeda Sri Suhartanta, S.IP., M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa Lomba Krenovamaskat merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Bappeda dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Gunungkidul. Lomba tersebut melibatkan masyarakat dan pelajar sekolah menengah, selain itu untuk tahun 2020 ini dibuka kategori baru yaitu ASN. Hal ini sebagai upaya menghimpun inovasi-inovasi dari OPD yang nantinya akan digunakan untuk mengikuti kegiatan penilaian, dan pemberian penghargaan bagi pemerintah daerah inovatif dari Kementerian Dalam Negeri yaitu Indeks Inovasi Daerah dalam penghargaan Innovative Government Award (IGA). Lebih lanjut disampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Gunungkidul telah mengalami kemajuan yang signifikan dimana pada tahun 2018 masih masuk kategori daerah kurang inovatif, dan pada tahun 2019 sudah meningkat menjadi daerah sangat inovatif. Hal ini memerlukan upaya untuk terus mengembangkan diri dengan melibatkan ASN dari masing masing OPD untuk berinovasi. Terkait upaya peningkatan dan keterlibatan ASN dalam berinovasi ini, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul  melalui surat dari Sekretariat Daerah nomor 071/0661 tertanggal 7 Februari 2020 meminta setiap OPD mengirimkan minimal 1 (satu) peserta ASN untuk mengikuti lomba Krenovamaskat.

Sementara itu Rismiyadi, SP, M.Si selaku Kepala Bidang Penelitian, Pengembangan dan Pengendalian mengharapkan dalam lomba Krenovamaskat tahun 2020 ini akan ada peningkatan kualitas inovasi, serta peningkatan  jumlah  peserta  yang ikut dengan dibukanya tambahan kategori ASN.

Kasubbid Penelitian dan Pengembangan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Gunungkidul Jalma Winarta MS,SP menyampaikan bahwa lomba Krenovamaskat 2020 mengusung tema “Mewujudkan Gunungkidul Sebagai Daerah Terkemuka dan Berbudaya Melalui Inovasi dan Kreativitas Masyarakat. Lomba ini terbuka untuk masyarakat umum, pelajar sekolah menengah SMP SLTA sederajat dan Aparatur Sipil Negara(ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Untuk diketahui bahwa banyak ASN yang telah membuat inovasi,  terutama bagi ASN yang telah mengikuti Diklat Kepemimpinan melalui tugas proyek perubahan. Tugas tersebut menuntut ASN untuk dapat berinovasi sesuai dengan bidang tugasnya masing masing. Untuk lomba Krenovamaskat kategori ASN ini inovasi dalam hal Tata Kelola Pemerintahan, Pelayanan Publik dan Inovasi yang menjadi kewenangan OPD serta diwajibkan menyertakan juga video inovasi yang telah dilakukannya.

Pendaftaran dibuka mulai 22 Januari sampai dengan 20 Maret 2020. Pemenang akan diberikan penghargaan berupa uang pembinaan, piagam serta tropi serta penganugerahannya akan diserahkan pada malam tirakatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul. Materi sosialisasi dapat di download di bit.ly/PanduanKrenovamaskat. (Jalm)