Bupati Menghadiri Penyelenggaraan Musrenbang RKPD Tahun 2020 Di Kecamatan Semin

Hits: 41

Bertempat di Aula Kecamatan Semin yang megah, Kamis, 31 Januari 2019, diselenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul (Musrenbang RKPD) Tahun 2020. Berdasarkan UU No. 25 Tahun 20014 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional,  Permendagri  No. 86 Tahun 2017, serta berbagai regulasi terkait di bawahnya, Musrenbang di tingkat kecamatan merupakan salah satu tahapan penting untuk dapat memaduserasikan berbagai dimensi dan pendekatan dalam perencanaan pembangunan, baik teknokratis, politik, bottom-up dan top-down, dan tentunya partisipatoris. Hadir dalam Musrenbang Kecamatan Semin, wakil dari Perangkat Daerah, Kepala desa dan utusan lembaga desa di Kec. Semin, UPT di Kecamatan Semin, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan, dan Camat Semin, Drs. Witanto, M.Si., beserta jajaran selaku penyelenggara. Musrenbang juga dihadiri langsung oleh Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, S.Sos., didampingi Kepala Bappeda, Sri Suhartanta, S.IP., M.Si., dan anggota DPRD Gunungkidul Purwanto, ST., dan Soenardi, SH.

Dalam paparan tentang prioritas dan permasalahan yang ada di Kecamatan Semin, Camat Drs. Witanto, M.Si., menyampaikan bahwa dalam rangka mendukung pencapaian visi Kabupaten Gunungkidul sebagai daerah tujuan wisata terkemuka dan berbudaya, Kecamatan Semin berencana dan memiliki prioritas untuk membangun rest area, menata kota agar lebih indah dan menarik, membangun infrastruktur jalan antar desa, serta merevitalisasi balai budaya yang ada untuk berbagai kegiatan seni di tingkat kecamatan. “Meskipun demikian, masyarakat Semin juga tetap akan berkreasi dan berinovasi untuk memanfaatkan potensi yang ada, baik di bidang pertanian maupun kerajinan dan industri kecil, serta tetap memperhatikan berbagai upaya pengatasan masalah kemiskinan dan sosial”.

Dalam sambutannya Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, S.Sos., menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas dukungan dan peran serta masyarakat Gunungkidul sehingga kabupaten Gunungkidul mampu berkembang di segala bidang, terutama pariwisata, yang terbukti mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Segala keberhasilan dan penghargaan yang dicapai Gunungkidul selama ini adalah berkat peran serta warga, saya hanya sebagai pelayan saja. Untuk itu saya mohon agar selalu menjaga kerukunan, kesatuan, dan guyub rukun sebagai modal warga Gunungkidul. Sesuai dengan kemampuan anggaran yang ada, pemerintah akan selalu berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat tentu dengan menggunakan skala prioritas” demikian arahan bupati. Sementara paparan oleh Kepala Bappeda, Sri Suhartanta, S.IP., M.Si., berisikan arah kebijakan pembangunan Tahun 2020 dan informasi pembangunan Tahun 2019, beserta berbagai program dan kegiatan prioritas yang ada di perangkat daerah.

Musrenbang dilanjutkan dengan sidang kelompok, pembacaan hasil sidang kelompok, penandatangan berita acara, dan pemilihan utusan Kecamatan Semin untuk tahapan Forum OPD/Gabungan OPD yang akan diselenggarakan di tingkat kabupaten. (hd)