EVALUASI HASIL RKPD SEMSETER I TAHUN 2020

Hits: 0

Sesuai dengan ketentuan Permendagri Nomor 86 tahun 2017 yang menyatakan bahwa Kepala Bappeda Kabupaten/Kota melakukan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD). Pengendalian dan evaluasi pelaksanaan RKPD lingkup kabupaten/ kota sebagaimana dimaksud dalam Pasal 183 huruf b, meliputi pelaksanaan RPJPD, RPJMD dan RKPD. Pengendalian terhadap pelaksanaan RKPD lingkup kabupaten/kota mencakup Renja Perangkat Daerah kabupaten/kota dan RKPD kabupaten/kota.

Evaluasi hasil RKPD memiliki tujuan untuk memastikan dan menilai bahwa target program dan kegiatan prioritas daerah dalam RKPD dapat dicapai dalam rangka mewujudkan sasaran RPJMD dan prioritas dan sasaran.

Tahun 2020 merupakan tahun yang sangat berat dalam merealisasikan rancana yang telah disusun karena ditetapkannya status tanggap darurat wabah covid-19. Kondisi ini mengakibatkan adanya kebijakan pengurangan anggaran yang akan berpengaruh pada capaian baik kinerja maupun keuangan sampai dengan semester I. Pengurangan anggaran ini tidak dibarengi dengan penyesuaian target kinerjanya sehingga mengakibatkan capaian keuangan lebih tinggi dari capaian kinerja.

Rata-rata capaian kinerja RKPD tahun 2020 berdasarkan sasaran daerah adalah 29,51% sedangkan untuk capaian anggarannya adalah 40,47%. Kondisi ini perlu menjadi perhatian karena capaian pada pertengahan tahun belum dapat mencapai 50% dari target yang ditetapkan pada tahun 2020. Mengingat kondisi dan situasi pada saat ini yang masih difokuskan dalam penanganan covid-19 maka perlu dilakukan pencermatan terhadap program dan kegiatan dengan tingkat capaian kinerja yang masih rendah untuk dilakukan identifikasi permasalahan yang ada, selanjutnya dirumuskan langkah untuk percepatan pencapaian target kinerja yang telah ditetapkan. (MD)