EVALUASI PELAKSANAAN GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat)

Hits: 0

Sesuai Peraturan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 tentang Pedoman Umum Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Bupati  wajib melakukan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan Germas di kabupaten. Pemantauan dan evaluasi dilaksanakan untuk:  memastikan pelaksanaan kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) berjalan sesuai dengan rencana yang ditetapkan; mengidentifikasi dan mengantisipasi permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan Germas; dan merumuskan langkah tindak lanjut yang diperlukan untuk perbaikan pelaksanaan kegiatan Germas.

Dalam rangka evaluasi dan pelaporan pelaksanaan Germas di Kabupaten Gunungkidul tahun 2019, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah menyelenggarakan rapat koordinasi pada hari Kamis, 16 Januari 2020 di Ruang Rapat II Bappeda. Rakor dihadiri oleh perangkat daerah dan instansi vertikal terkait.

Evaluasi Penyelenggaraan Germas di Kabupaten Gunungkidul dilakukan terhadap pelaksanaan Rencana Aksi Daerah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Kabupaten Gunungkidul tahun 2018-2020 yang telah ditetapkan dengan Peraturan Bupati Gunungkidul Nomor 40 Tahun 2018. Ruang lingkup kegiatan dalam RAD tersebut difokuskan untuk mencapai 6 (enam) tujuan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, yaitu: peningkatan aktivitas fisik; peningkatan perilaku hidup sehat; penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi; peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit; peningkatan kualitas lingkungan; dan peningkatan edukasi hidup sehat. Melalui kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan dapat menurunkan faktor risiko utama penyakit menular dan tidak menular baik dari faktor biologis, perilaku, maupun lingkungan. Hasil evaluasi pelaksanaan Germas akan menjadi bagian dari Laporan Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Kabupaten Gunungkidul Tahun 2019 yang rencananya akan disampaikan kepada Gubernur melalui Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY bulan Februari 2020.(atw)