Hasil Final Data BDT Tahun 2018

Hits: 558

Dengan berakhirnya proses perbaikan data Basis Data Terpadu (BDT) sebagai tahapan akhir dalam pemutakhiran data BDT melalui Verval BDT Tahun 2018 dengan menggunakan aplikasi SIDA SAMEKTA. Diperoleh hasil Final Data Basis Data Terpadu melalui Aplikasi SIDA SAMEKTA.

Sebagai tindak lanjut dalam upaya mewujudkan satu data BDT di Kabupaten Gunungkidul, pemerintah Kabupaten Gunungkidul yang dalam hal ini Bappeda Kabupaten Gunungkidul yang bersama-sama dengan instansi terkait yaitu Sekretariat Daerah, Dinas Sosial, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dan Tim Combine Resource Institution (CRI) berusaha melakukan pendekatan kepada Pusdatin Kemensos dalam upaya untuk mengintegrasikan data BDT dalam SIKAB GUMREGAH dengan SIKS-NG. Koordinasi dengan Kemensos telah menghasilkan suatu upaya dalam menjembatani proses integrasi data BDT.

Berkaitan dengan persiapan secara teknis untuk data BDT dalam SIKAB GUMREGAH yang akan terintegrasi, setelah dilakukan verifikasi terhadap data hasil verval 2018, ditemukan beberapa permasalahan data hasil Verval BDT Tahun 2018 yang terdapat dalam SIDA SAMEKTA:

  1. Desa yang belum menyelesaikan proses entri verval BDT Tahun 2018;
  2. Data Rumah Tangga (RUTA) dan Individu Tidak Lengkap;
  3. Data Penduduk untuk NIK, KK, dan Alamat yang di entri tidak sesuai dengan No. Kartu Keluarga (KK), NIK, Alamat yang ada di Disdukcapil;
  4. Ruta yang tidak memiliki Kepala Rumah Tangga (KRT);
  5. Jumlah entri data Anggota Rumah Tangga (ART) di dalam Ruta tidak sama dengan Jumlah dalam Ruta.

Hasil dari proses keseluruhan Verval BDT Tahun 2018 telah dilaporkan kepada Wakil Bupati Gunungkidul sebagai Ketua TKPK Daerah Kabupaten Gunungkidul dengan tembusan Bupati Gunungkidul dan Sekretaris Daerah kabupaten Gunungkidul. Dari hasil perbaikan data BDT Tahun 2018 diperoleh hasil bahwa dari 144 desa, 114 desa telah menyelesaikan proses perbaikan data dan 30 desa masih belum bisa menyelesaikan proses perbaikan tersebut. Dari 30 desa terdapat 337 ruta dan 4.791 jiwa yang belum terupdate, sehingga menyebabkan data tidak valid.

Dalam upaya persiapan integrasi akan dilakukan penghapusan terhadap data yang tidak valid, sehingga proses integrasi yang ditargetkan oleh Kementerian Sosial akan dicoba mulai bulan April 2019 dapat berjalan dengan lancar, sehingga akan terwujud satu data BDT di Kabupaten Gunungkidul. (Ve)

Berikut Laporan Hasil Final Data BDT Tahun 2018
1. Rekap Awal
2. Rekap Perbaikan
3. Rekap Penghapusan