BAPPEDA GUNUNGKIDUL

Gunungkidul Targetkan Air PDAM Dinikmati Semua Warga Tahun 2019

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menargetkan jaringan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) bisa dinikmati seluruh masyarakat mulai 2019 mendatang.

Secara bertahap, PDAM akan memperluas jaringan dengan memaksimalkan potensi air bersih yang ada.

Kepala Badan Perencanan Pembangunan Daerah ( Bappeda) Gunungkidul, Syarif Armunanto mengatakan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ( RPJMD), pemerintah menargetkan seluruh warga sudah menikmati layanan air bersih.

Untuk mencapai apa yang sudah ditargetkan, pemerintah akan memaksimalkan potensi sungai bawah tanah sehingga jangkauan distribusinya lebih luas lagi.

“Kita akan maksimalkan potensi sungai bawah tanah seperti Bribin dan seropan. Mudah-mudahan 2019 mendatang seluruh warga bisa menikmati air bersih,” katanya akhir pekan lalu.

Dia menjelaskan, Gunungkidul memiliki potensi sungai bawah tanah yang cukup besar.

Ke depan, pemerintah akan berusaha semaksimal mungkin pemanfaatan air bawah tanah yang selama ini masih terkendala teknologi.

Dengan bertambahkan volume air sungai bawah tanah yang bisa dimanfaatkan, nantinya , jangkauan layanan baik dari PDAM maupun SPAMDes juga bisa lebih luas lagi.

Setelah pemanfaatan sungai bawah tanah bisa lebih maksimal, nantinya pemerintah daerah akan memaksimalkan peran dari PDAM serta keberadaan SPAMDes.

Pelayanan air bersih dari dua institusi tersebut akan diperbanyak secara bertahap sehingga ditargetkan pada 2019 sudah terlayani semua.

“Akan kita upayakan terus agar masyarakat memperoleh air bersih,” imbuhnya.

Sumber : http://jogja.tribunnews.com/

Leave a Reply