BAPPEDA GUNUNGKIDUL

Pemkab Gunungkidul berkolaborasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) untuk program penanggulangan kemiskinan dalam wadah Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD)

Pemkab Gunungkidul berkolaborasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) untuk program penanggulangan kemiskinan dalam wadah Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD). Pada Selasa, (15/8), TKPD Kab. Gunungkidul menggelar pelatihan Mekanisme Pemutakhiran Mandiri (MPM) Basis Data Terpadu (BDT) di kantor Bappeda Kabupaten Gunungkidul di Wonosari dengan BPS sebagai narasumbernya. Pelatihan ini ditujukan untuk Kasi Kesejahteraan Sosial Kecamatan se-Kabupaten Gunungkidul, Bappeda, Dinas Kominfo, dan Dinas Sosial.

Agenda ini menjadi bagian dari tahap persiapan pelaksanaan MPM BDT tahun 2017 di 144 desa di Kabupaten Gunungkidul. Pada bulan Agustus-September 2017 ini, TKPKD Kabupaten Gunungkidul akan melakukan pelatihan MPM BDT di setiap kecamatan yang akan diikuti oleh seluruh perwakilan pemerintah desa setempat.

BDT yang dimutakhirkan setiap tahun ini telah disepakati sebagai data rujukan dalam perencanaan pembangunan desa dan kabupaten, dengan dukungan Sistem Informasi Desa (SIDA) dan Sistem Informasi Kabupaten (SIKAB) yang dikembangkan oleh Combine Resource Institution (CRI). Kolaborasi antara TKPD sebagai representasi dari Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gunungkidul ini adalah salah satu model upaya untuk menjawab tantangan konsolidasi tata kelola data kesejahteraan dari tingkat desa, kabupaten, hingga tingkat nasional.

Foto : Elanto Wijoyo (CRI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>