BAPPEDA GUNUNGKIDUL

Rapat Koordinasi Penyusunan Paket Kegiatan Pagu Indikatif Wilayah Kecamatan (PIWK) Tahun Anggaran 2019

Rabu, 18 Oktober 2017 bertempat di Bappeda Kabupaten Gunungkidul diselenggarakan Rapat Koordinasi Penyusunan Paket Kegiatan PIWK TA. 2019 dengan mengundang PD calon pengampu kegiatan PIWK di TA 2019, bidang pengampu sektor Bappeda dan pengampu kebijakan Setda Kab. Gunungkidul. Rapat dibuka oleh Sekretaris Bappeda Ir. Sri Agus Wahyono, M.Si. dan dilanjutkan diskusi dipimpin oleh Kasubbid Renbangwil Bambang Riyanto, SE, MT. PIWK bertujuan untuk menyelaraskan pembangunan berbasis wilayah sehingga dapat mengurangi kesenjangan antar wilayah di Kabupaten Gunungkidul. Program kegiatan yang menjadi aspirasi masyarakat yang diusulkan melalui musrenbang kecamatan harus sesuai dengan tema prioritas pembangunan dan visi misi Bupati Gunungkidul. Naiknya pagu anggaran PIWK dari Tahun 2017 ke tahun 2018 sebesar 11,10% menunjukkan besarnya perhatian pemerintah terhadap pentingnya menampung kebutuhan dan aspirasi masyarakat Gunungkidul.

Pengusulan program dan kegiatan yang menjadi aspirasi masyarakat melalaui musrenbang kecamatan harus memperhatikan berbagai ketentuan seperti kegiatan harus merupakan kewenangan kabupaten. Begitu juga untuk status kepemilikan lahan harus jelas. OPD teknis bertugas untuk menjaring, mengarahkan dan mengawal usulan masyarakat melalui musrenbang kecamatan hingga menjadi kegiatan yang akan dilaksanakan oleh OPD bersangkutan. Perlu ditekankan bahwa pagu PIWK yang dilaksanakan oleh OPD teknis tidak akan mengurangi pagu sektoral OPD tersebut.

Berdassarkan pada Perbup Nomor 1 Tahun 2017, bahwa penyampaian rancangan PIWK ke DPRD paling lambat pada minggu terakhir pada bulan Desember (tahun T-2) dan penandatangan nota perjanjian paling lambat pada minggu pertama bulan Januari ( tahun T-1), maka OPD yang akan mengubah ataupun mengusulkan kegiatan baru, atau mengganti kegiatan yang lama dikarenakan regulasi yang baru agar segera diusulkan dan dikoordinasikan dengan bidang pengampu Bappeda Kabupaten Gunungkidul beserta dengan persyaratan yang akan diberlakukan seperti jenis paket, jumlah anggaran per paket, rincian kegiatan, lokasi, status lahan/lokasi, status kepemilikan/penguasaan dan syarat-syarat teknis yang lain. Diharapkan dengan adanya regulasi yang menyesuaikan kebutuhan masyarakat, tujuan dari PIWK dapat tercapai sehingga bisa berdampak untuk meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat Gunungkidul. Namun yang tidak kalah penting adalah, usulan kegiatan PIWK berupa hibah/bansos baik berupa barang maupun uang, tetap mengacu pada perundangan yang berlaku. (FE/BR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>