KABUPATEN GUNUNGKIDUL RAIH NILAI BB SAKIP

Hits: 45

Kabupaten Gunungkidul mendapatkan penilaian BB Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2018, pada acara SAKIP AWARD 2018 yang diselenggarakan di hotel Four Points Sheraton Makasar pada hari Selasa tanggal 19 Februari 2019,
Berdasarkan PP no 8 tahun 2016 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah dan Perpres no 29 tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) telh dilakukan evaluasi akuntabiitas kinerja pada Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Pelaksanaan evaluasi tersebut berpedoman pada Permen PAN-RB no 12 tahun 2015 tentang Pedoman Evaluasi atas Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.
Tujuan evaluasi tersebut untuk menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil (outcame) terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi kepada hasil (result oriented government).
Hasil evaluasi menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Gunungkidul memperoleh nilai 70,63 atau predikat BB. Penilaian tersebut menunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran disbanding dengan capaian kinerjanya, kualitas pembangunan, budaya kinerja birokrasi, dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi hasil pada Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menunjukkan hasil yang sangat baik. Hasil penilaian evaluasi ini naik dibanding capaian tahun 2017 yang mendapatkan penilai
Pada kesempatan tersebut penerimaan plakat penilaian SAKIP diterima oleh Wakil Bupati Bapak Dr.Immawan Wahyudi, SH,MH yang diserahkan langsung oleh Menteri Pendaya gunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Bapak Drs.Syaifuddin, MSi. Dalam mengikuti kegiatan SAKIP AWARD 2018 di Makasar ini Bapak Wakil Bupati didampingi Sekda Ir.Drajad Ruswandono,MT, Kabag Organisasi, Sekretaris Inspektorat Daerah, Sekretaris Bappeda Ir. Sri Agus Wahyono, MSi.