Koordinasi Penyandingan Data DTKS SIKS-NG dengan Data BDT SIDA SAMEKTA

Hits: 0

BAPPEDA GUNUNGKIDUL – Rabu  (9/9/2020) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Gunungkidul beserta dengan Dinas terkait mengadakan rapat koordinasi Penyandingan Data DTKS  SIKS-NG dengan Data BDT SIDA SAMEKTA yang  bertempat di ruang Rapat II Lantai II, Kantor Bappeda Gunungkidul.

Pada pertemuan ini  dihadiri oleh Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pemebrdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah, bidang terkait, Bidang Pemerintahan, Sosial, dan Kebudayaan Bappeda Gunungkidul, serta Bidang Perencanaan Bappeda Gunungkidul.

Hal ini dilakukan dikarenakan Data BDT SIDA SAMEKTA yang merupakan data yang akan menjadi dasar untuk menentukan sasaran pada bantuan-bantuan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten, sehingga memerlukan sinkronisasi dengan data DTKS  SIKS-NG yang notabene adalah dasar pemberian bantuan yang bersumber dari Pemerintah Provinsi maupun pemerintah pusat . Sebagai upaya dalam mensinkronkan data bisa sama dan tidak ada perbedaan data di tingkat kabupaten maka perlu ada penyandingan data BDT dengan DTKS.

Adapun hasil dari rapat koordinasi ini yakni  bahwa  hasil dari sinkronisasi data DTKS yang memiliki NIK Valid dengan BDT  dan masuk di SIDA SAMEKTA dengan menggunakan Indikator  terbaru hasil Update 2020. Rumah tangga yang akan diupdate indikatornya yakni rumah tangga yang masuk dalam desil 1 sampai 6, dimana untuk update indicator terbaru akan diakukan pada tahun 2021. (/subbid Pengelolaan Data Pembangunan)