Koordinasi Tim Penilai Krenovamaskat

Hits: 0

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Gunungkidul, pada hari Jum’at 31 Januari 2020 menyelenggarakan rapat koordinasi Lomba Krenovamaskat tahun 2020. Rapat tersebut mengundang tim penilai yang berasal dari beberapa instansi meliputi BPTBA LIPI, Universitas Gunungkidul, Balai Pendidikan Menengah, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Gunungkidul, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Kominfo, dan Bagian Organisasi Sekretariat Daerah. Rapat koordinasi dipimpin oleh Kabid Litbangdal yang sekaligus sebagai ketua tim penilai. Disampaikan bahwa ajang krenovamaskat bukan hanya kegiatan yang dilakukan Bappeda saja, namun harapannya menjadi milik masyarakat dan semua OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Keterlibatan semua pihak sangat diperlukan dalam mensukseskan kegiatan tersebut.

Lomba Krenovamaskat tahun 2020 terbuka untuk masyarakat umum, siswa sekolah menengah baik SMP maupun SMA, SMK sederajat dan ASN. Untuk ASN ini merupakan hal yang baru dalam lomba krenovamaskat. Hal ini dimaksud sebagai upaya untuk mengidentifikasi dan menginventarisir inovasi-inovasi dari masing-masing OPD dalam rangka persiapan lomba inovasi dari Kemendagri yaitu indeks inovasi daerah penghargaan IGA (Innovative Government Award)

Rapat koordinasi ini sekaligus mempersiapkan dan menyamakan persepsi mengenai 8 poin bobot penilai yang telah tercantum dalam buku panduan meliputi :  mempunyai nilai manfaat, keaslian inovasi, memanfaatkan sumberdaya lokal, memiliki prospek implementatif, teknologi ramah lingkungan, prototype/wujud nyata, potensi paten, dan sistematika penulisan. Dari ke 8 bobot penilaian tersebut, dijabarkan kedalam parameter-parameter lebih rinci yang akan dijadikan acuan untuk penilaian peserta. Dengan disusunnya parameter penilaian ini diharapkan akan memudahkan tim penilai untuk melakukaan penilaian lomba krenovamaskat 2020. (Jalm)