Krenovamaskat 2019 Segera Dimulai

Hits: 30

Bappeda akan menggelar kembali lomba kreativitas dan inovasi masyarakat (Krenovamaskat) Tahun 2019. Lomba yang telah rutin dilaksanakan ini terbuka untuk masyarakat umum dan siswa sekolah SMA, SMK, MA atau yang sederajad, baik secara perorangan maupun kelompok yang melakukan penelitian, kreasi dan inovasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Bupati Gunungkidul menyerahkan penghargaan Krenovamaskat

Dalam keterangannya, Kepala Bidang Litbang dan Pengendalian Bappeda, Rismiyadi, SP. M.Si yang didampingi oleh Kepala Sub Bidang Litbang, Jalma Winarta MS, SP menyampaikan bahwa lomba ini diharapkan bisa memunculkan inovasi-inovasi baru yang bisa diterapkan di masyarakat. Inovasi yang dimaksud adalah yang mempunyai nilai manfaat, orisinil, memanfaatkan sumberdaya lokal, ramah lingkungan, dan mempunyai potensi untuk dikembangkan.

Sebagian peserta dan tim juri berfoto setelah presentasi

Beberapa tahapan yang akan dilaksanakan meliputi :

  1. Tahap Persiapan, meliputi persiapan materi, konsolidasi panitia dengan tim juri
  2. Sosialisasi kepada masyarakat dan sekolah, akan dilaksanakan pada akhir bulan Januari 2019 baik melalui rapat sosialisasi maupun penyampaian bahan publikasi.
  3. Penerimaan dan Verifikasi Proposal, mulai tanggal 5 Februari 2019 sampai dengan 30 Maret 2019.
  4. Penjuriankan dilaksanakan mulai 1 April 2019.
  5. Pengumuman pemenang, akan dilaksanakan minggu ke-3 atau minggu ke-4 bulan April 2019.

Peserta lomba dari kategori masyarakat umum diusulkan oleh Kecamatan atau Organisasi Perangkat Daerah, sedangkan untuk kategori SMA sederajat diusulkan oleh Kepala Sekolah. Dokumen seleksi dikirim ke Bappeda Gunungkidul cq. Bidang Litbang dan Pengendalian mulai tanggal 5 Februari 2019 dan berakhir pada tanggal 30 Maret 2019 jam 15.00 WIB. Untuk memberikan keterangan yang lebih lengkap tentang mekanisme lomba, akan segera diterbitkan panduan yang nantinya dapat diunduh di www.bappeda.gunungkidulkan.go.id.

Pemenang lomba akan memperoleh penghargaan berupa trofi, piagam penghargaan, dan uang pembinaan yang akan diserahkan pada momen Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-188 pada bulan Mei 2019. (R-G)