KUNJUNGAN KERJA TIM KABUPATEN SEHAT KABUPATEN PANDEGLANG

Hits: 3

Dalam rangka menimba pengalaman perihal pelaksanaan Program Kabupaten Sehat, jajaran Pemkab Pandeglang Provinsi Jawa Barat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Gunungkidul, Selasa, 18 Desember 2018, dan diterima langsung oleh Kepala Bappeda Sri Suhartanta, SIP., M.Si., beserta jajaran Bappeda, anggota Tim Kabupaten Sehat dari perangkat daerah, dan Ketua Forum Kabupaten Sehat Gunungkidul, H. Iswandi. Rombongan dari Pemkab Pandeglang dipimpin oleh Asisten Setda Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Dra. Indah  Diniarsih, MPd., disertai Inspektur Daerah Drs. H. Iskandar, MM., Kepala Bappeda Drs. H. Kurniawan Satriyawan, M.Si., pejabat dari berbagai perangkat daerah, didampingi perwakilan dari 11 OPD dan pengurus Forum Kabupaten Sehat Kab. Pandeglang yang keseluruhannya berjumlah 25 orang.

Peserta kunjungan Tim Kabupaten Sehat dari Pandeglang

Dalam sambutannya Kepala Bappeda Kab. Gunungkidul menyampaikan selamat datang dan terima kasih atas kepercayaan untuk berbagi pengalaman terkait pelaksanaan Program Kabupaten Sehat, disertai harapan agar kunjungan kerja memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Dalam materi yang dipaparkan beliau menekankan pada fungsi koordinasi, bahwasanya keberhasilan menjadi Kabupaten sehat didukung adanya komitmen lintas sektor maupun lembaga vertikal yang saling melengkapi fungsi sehingga mencapai kinerja optimal dalam mewujudkan kabupaten sehat. Ditambahkan pula bahwa “keberhasilan Kabupaten Gunungkidul mendapatkan penghargaan Swasti Saba tingkat  WISTARA hingga hampir keempat kalinya, selain fungsi OPD  tak lepas pula dari dukungan kinerja Forum Kabupaten Sehat yang dipimpin Bapak Iswandi, keberadaan Tim Teknis Kabupaten, dan peran serta masyarakat di berbagai tatanan”. Sementara pimpinan rombongan menyatakan terima kasih atas sambutan jajaran Pemkab Gunungkidul, dan “kami merasa bahwa kunjungan kami ke Gunungkidul sangatlah tepat karena Pandeglang bisa belajar banyak dari keberhasilan Gunungkidul pada Program Kabupaten sehat, mengingat kami masih di tataran dasar”.

Kunjungan Ke Pengelolaan Sampah Kelompok Amrih Lestari

Setelah pertemuan rombongan melanjutkan kunjungan ke Padukuhan Trimulyo, Desa Kepek, untuk melihat dari dekat pengelolaan sampah oleh Kelompok Amrih Lestari, yang telah mampu mengolah sampah  dan limbah rumah tangga menjadi berbagai produk, diantaranya pupuk organik, kompos, dan pupuk cair.