LITBANG AKAN TERBITKAN JURNAL ILMIAH

Hits: 0

Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) merupakan salah satu ujung tombak keberhasilan pembangunan sebuah wilayah. Hasil-hasil penelitian dan pengembangan perlu dipublikasikan untuk penerapan lebih lanjut oleh para pengguna teknologi dan inovasi daerah. Hal tersebut dilakukan agar hasil Рhasil penelitian  tersebut dapat dimanfaatkan oleh pemerintah, akademisi, masyarakat umum, kalangan industri dan kelompok UMKM.

Badan Perencanan Pembangunan Daerah Kabupaten Gunungkidul melalui Subbidang Penelitian dan Pengembangan berupaya meningkatkan penyebar luasan hasil-hasil penelitian maupun inovasi yang telah dilakukan, baik dalam kerjasama penelitian maupun karya inovasi dalam Krenovamaskat. Untuk diketahui bahwa salah satu kegiatan di Subbid Penelitiandan Pengembangan yang terkait riset adalah kerjasama penelitian dengan lembaga peneliti yaitu dengan Universitas Gunungkidul (UGK) dan Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (BPTBA LIPI). Publikasi yang akan dilaksananakan selain yang telah rutin saat ini dilakukan seperti desiminasi/seminar, juga akan mempublikasikan melalui jurnal ilmiah.

Pada Tahun 2020 ini Bidang Penelitian, Pengembangan dan Pengendalian sedang berupaya menggodog sebuah jurnal ilmiah media penelitian dan pengembangan dengan nama Jalin Ristek  (Jurnal Inovasi Riset & Teknologi) untuk bisa terbit. Langkah awal yang dilakukan untuk penerbitan jurnal tersebut meliputi pembentukan Dewan Redaksi, inventarisir hasil-hasil penelitian/riset/karya ilmiah, pembuatan alamat email resmi melalui Dinas Kominfo. Diharapkan sebelum pertengahan tahun ini sudah dapat terbit edisi pertama Jurnal Jalin Ristek tersebut (Jalm)