MENCARI SOLUSI PERMASALAHAN KEBERLANJUTAN PAMSIMAS DI KALURAHAN HARGOMULYO DAN MERTELU KAPANEWON GEDANGSARI

Hits: 0

Pertemuan yang dilakukan di Kantor Desa Hargomulyo

Program Penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (PAMSIMAS) hadir di Kabupaten Gunungkidul sejak tahun 2017 dan sampai saat ini telah menyasar 55 Kalurahan.  Kalurahan Hargomulyo dan Mertelu merupakan kalurahan penerima program Pamsimas tahun 2017 yang saat ini dalam kondisi berfungsi sebagian (tidak maksimal) karena adanya beberapa permasalahan. Kamis (3/9) 2020 tim Panitia Kemitraan (PAKEM) melakukan koordinasi dengan menghadirkan stake holder di kedua wilayah tersebut bertempat di Balai Kalurahan Hargomulyo Kapanewon Gedangsari.

Tim Pakem yang hadir dari Bappeda (Nurudin Araniri) dan DP3AKBPMD (Supardi) dengan didampingi oleh DC Pamsimas Gunungkidul (Eko Setyo Winanto). Hadirnya program diharapkan bisa berkelanjutan dan berfungsi penuh serta terus berkembang.

Pertemuan yang dilakukan diiukuti oleh beberapa pihak terkait yaitu Bappeda, DP3AKBPMD (Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa), Lurah Hargomulyo dan juga Lurah Mertelu yang dalam hal ini diwakili carik. “Permasalahan air di Hargomulyo adalah sulitnya sumber air yang mumpuni dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Beberapa terdapat mata air akan tetapi debitnya kecil dan tidakmencukupi. Kami akan lakukan pengeboran dalam waktu dekat” demikian dikatakan Lurah Hargomulyo.  Carik Mertelu mengatakan bahwa Mertelu pada tahun kemarin sudah coba ditangani oleh pihak III dengan membuatkan sumur bor dalam dan bisa berfungsi dengan baik.

Beberapa kesepakatan tindak lanjut mengatasi permasalahan air di Hargomjulyo dan Mertelu adalah sebagai berikut : 1. Kalurahan Hargomulyo siap menyediakan sumber air untuk program PAMSIMAS ; 2. Kalurahan Hargomulyo siap diusulkan sebagai penerima HKP (Hibah Khusus Pamsimas) tahun 2021; 3. Kalurahan Mertelu di arahkan untuk pengusulan HID (Hibah Instensif Desa), hibah ini diberikan kepada Kalurahan yang sudah menjalankan PAMSIMAS dengan baik sehinga hibah yang diberikan dapat digunakan untuk pengembangan PAMSIMAS. Selanjutnya diagendakan peninjauan lapangan oleh tim Pakem, tim Pamsimas, KKM, Pihak Kalurahan dan tokoh masyarakat.  (N/A; LHPU)