Monitoring Kegiatan Pembangunan Daerah Bidang Pariwisata dan Pertanian

Hits: 0

Pembangunan sumur bor di Dusun Bruno 1, Ngestirejo, Tanjungsari

Dalam rangka evaluasi pelaksanaan kegiatan pembangungan daerah, Bappeda mengadakan kegiatan Monitoring kegiatan pembangunan daerah yang dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Tim Monitoring dari Bidang Penelitian, Pengembangan dan Pengendalian bersama bidang pengampu yaitu Bidang Perekonomian Bappeda. Hadir dalam kegiatan monitoring tersebut Kepala Subbidang Pelaporan, Kepala Subbidang Pertanian, Perikanan dan Kelautan, serta Kepala Subbidang Pariwisata dan Penanaman Modal. Pelaksanaan monitoring di fokuskan di bidang pertanian dan pariwisata yang berlokasi di Pantai Krakal dan Desa Ngestirejo Kecamatan Tanjungsari.

Pada tahun anggaran 2020 Kabupaten gunungkidul menerima alokasi DAK Fisik untuk bidang pariwisata sebesar 1,4 milyar untuk pembangunan 20 unit kios cinderamata di pantai Krakal. Pelaksanaan kegiatan ini masih pada tahap persiapan. Sedangkan untuk bidang pertanian alokasi DAK Fisik sebesar total 1,9 milyar rupiah, diantaranya sejumlah 142,5 juta rupiah untuk pembuatan sumur bor dangkal di Dusun Bruno 1, Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari. Proses pembuatan sumur sudah dimulai proses pengeborannya.

Penerapan protokol kesehatan di lokasi wisata pantai.

Selain melakukan monitoring pelaksanaan pembangunan melalui anggaran DAK, tim juga memantau pelaksanaan protokol kesehatan di objek wisata terutama di pintu masuk retribusi dan lokasi wisata pantai. Setiap wisatawan yang berkunjung telah lebih dulu melalui proses pengukuran suhu tubuh, pencatatan indentitas, dan wajib menggunakan masker. Tampak juga di lokasi wisata Pantai Baron, dari petugas retribusi, parkir, sampai dengan para pedagang telah menggunakan masker. Di setiap sudut lokasi wisata terutama di depan kios-kios juga telah tersedia tempat cuci tangan. Diharapkan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat wabah virus Covid-19 dapat diminimalisir penyebarannya. (frans)