MUSRENBANG KECAMATAN KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2013

Hits: 2

Dalam kerangka penyelenggaraan pembangunan daerah, Pemerintah Kabupaten wajib menyusun rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) untuk masa 20 tahunan, rencana jangka menengah daerah (RPJMD) untuk masa 5 tahunan, dan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) untuk perencanaan satu tahunan. Untuk menyusun RKPD Tahun 2014, daerah wajib menyelenggarakan forum Musrenbang secara berjenjang dari mulai tingkat desa, kecamatan, kabupaten sampai tingkat provinsi. Berdasarkan Pasal 20, Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, Musrenbang RKPD kabupaten/kota dimulai dari Musrenbang desa, musrenbang kecamatan, forum SKPD/Gabungan SKPD dan musrenbang kabupaten. Salah satu tahapan yang sangat penting dan strategis dalam penyusunan RKPD yaitu Musrenbang Kecamatan sebagai forum antar pemangku kepentingan dalam rangka menyusun rencana pembangunan daerah.
Musrenbang kecamatan merupakan bentuk nyata dari salah satu pendekatan perencanaan yaitu pendekatan partisipatif. Pendekatan partisipatif menjadi syarat mutlak dalam menyusun perencanaan pembangunan di Indonesia. Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 bahwa perencanaan pembangunan harus mengoptimalkan partisipasi masyarakat, sehingga perencanaan yang disusun benar-benar mencerminkan kebutuhan masyarakat dan benar-benar menjadi solusi dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat, karena dalam proses penyusunan perencanaan tersebut diupayakan dapat melibatkan sebanyak mungkin stakeholders yang terkait.
Mekanisme musrenbang juga dipergunakan sebagai wahana untuk mempertemukan dan mensinergikan beberapa pendekatan perencanaan, yaitu pendekatan politik, teknokratik, partisipatif, atas-bawah (top down) dan bawah-atas (bottom up). Namun secara lebih spesifik musrenbang kecamatan menjadi wahana untuk memaduserasikan perencanaan dari atas (top down planning) dengan perencanaan dari bawah (masyarakat) / bottom up planning. Perencanaan dari atas ialah perencanaan yang berasal dari pendekatan politis dan teknokratis. Sedangkan perencanaan dari bawah berasal dari musyawarah rencana pembangunan desa (musrenbangdes).

JADWAL PELAKSANAAN MURSENBANG KECAMATAN KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2013

Hari Kamis Tanggal 7 Februari 2013

  1. Kecamatan Rongkop
  2. Kecamatan Semanu

Hari Senin Tanggal 11 Februari 2013

  1. Kecamatan Playen
  2. Kecamatan Nglipar

Hari Selasa Tanggal 12 Februari 2013

  1. Kecamatan Ngawen
  2. Kecamatan Girisubo

Hari Rabu Tanggal 13 Februari 2013

  1. Kecamatan Paliyan
  2. Kecamatan Saptosari

Hari Kamis Tanggal 14 Februari 2013

  1. Kecamatan Tepus
  2. Kecamatan Tanjungsari

Hari Senin Tanggal 18 Februari 2013

  1. Kecamatan Karangmojo
  2. Kecamatan Semin

Hari Selasa Tanggal 19 Februari 2013

  1. Kecamatan Panggang
  2. Kecamatan Purwosari

Hari Rabu Tanggal 20 Februari 2013

  1. Kecamatan Ponjong
  2. Kecamatan Gedangsari

Hari Kamis Tanggal 21 Februari 2013

  1. Kecamatan Patuk
  2. Kecamatan Wonosari