Musrenbang RKPD Kabupaten Gunungkidul 2019

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Gunungkidul Tahun 2019 yang diselenggarakan pada hari Selasa Wage, tanggal 20 Maret 2018, yang dimulai pukul 08. 00 Wib dan berakhir pada pukul 14.00 Wib, bertempat di  Bangsal Sewoko Projo. Musrenbang RKPD Tahun 2019 merupakan tahapan setelah Forum PD/Gabungan PD Yang mengakomodir usulan dari masyarakat yang akan dimasukkan dalam Rencana Kerja Tahun 2019.  Musrenbang  yang diselenggarakan oleh Bappeda Kabupaten Gunungkidul kali ini didukung/dimeriahkan oleh PD BPR BDG Gunungkidul, PT. Bank BPD DIY Cabang Wonosari, Tari Gambyong Parianom yang merupakan donatur dari Pemerhati Perencana Gunungkidul.

Musrenbang RKPD Tahun 2019 yang dibuka oleh Bupati Gunungkidul, dengan arahan dan kebijakan dan prioritas pembangunan DIY Tahun 2019  dari Gubernur DI. Yogyakarta yang dalam hal ini diwakili oleh Bappeda D.I Yogyakarta. Dalam kesempatan ini, Kepala Bappeda Kabupaten Gunungkidul juga menyampaikan Rancangan RKPD Kabupaten Gunungkidul yang merupakan hasil dari Forum PD/Gabungan PD. Dalam acara ini dihadiri oleh delegasi kecamatan, perangkat daerah teknis (bidang pemerintahan, sosial dan kebudayaan, ekonomi dan fisik dan prasarana),  organisasi masyarakat, Perguruan Tinggi, Organisasi Profesi, Organisasi Wanita, LSM, Forum Komunikasi Keistimewaan DIY dan kelompok masyarakat yang lain.

Penyelenggaraan Musrenbang RKPD Kabupaten merupakan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri 86 Tahun 2017, di mana dalam pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2019 dibahas bersama Kepala Perangkat Daerah dan Pemangku Kepentingan pada rancangan RKPD Kabupaten Gunungkidul Tahun 2019. Forum ini juga sebagai media untuk menyepakati permasalahan pembangunan Daerah, menyepakati prioritas Pembangunan Daerah, menyelaraskan program kegiatan pembangunan Daerah dengan sasaran prioritas pembangunan DIY oleh para pemangku kepentingan. Disamping itu juga menyelaraskan program dan kegiatan OPD dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan prioritas pembangunan daerah tahun 2019.

Pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten ini bertujuan untuk membahas Rancangan RKPD Kabupaten Tahun 2019 serta penyempurnaan dan penyelarasan program kegiatan dengan sasaran dan prioritas pembangunan tahun 2019 oleh semua pemangku kepentingan. Dimana tahapan-tahapan  yang telah dilaksanakan sebelum Musrenbang RKPD Kabupaten Tahun 2019 antara lain :

  1. Konsultasi  Publik Penyusunan RKPD Tahun 2019
  2. Musrenbang Kecamatan bagi 18 Kecamatan se Kabupaten Gunungkidul
  3. Forum Perangkat Daerah/Gabungan Perangkat Daerah
  4. Forum Tematik Kemiskinan
  5. Forum Tematik Kewilayahan

Musrenbang RKPD yang dilaksanakan pada hari ini sekaligus dilaksanakan sidang kelompok yang membahasa usulan-usulan program kegiatan dalam bidang bidang pemerintahan, sosial dan kebudayaan, ekonomi dan fisik dan prasarana dengan narasumber untuk masing-masing bidang  dari Staf Ahli Bupati, Universitas Gunungkidul, STAIYO Wonosari, IDEA Yogyakarta.

Setelah Musrenbang RKPD Tahun 2019 akan dilaksanakan tahapan-tahapan lebih lanjut yang meliputi:

  1. Pelaksanaan Pra RKA pada Rancangan Akhir RKPD Kabupaten Gunungkidul Tahun 2019
  2. Perumusan Rancangan Akhir RKPD Kabupaten Gunungkidul Tahun 2019
  3. Penyempurnaan Rancangan Akhir RKPD Kabupaten Gunungkidul Tahun 2019 sesuai hasil Evaluasi Gubernur DIY
  4. Membuat rancangan Peraturan Kepala Daerah tentang RKPD Kabupaten Gunungkidul Tahun 2019
  5. Merumuskan dan penyempurnaan RKPD Kabupaten Gunungkidul Tahun 2019 sebagai pedoman penyusunan Rancangan Kebijakan Umum APBD serta Rancangan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Kabupaten Gunungkidul Tahun 2019.

Sidang pleno Musrenbang RKPD Tahun 2019 untuk ketiga bidang tersebut menghasilkan usulan-usulan program dan kegiatan yang mendapat skala prioritas yang telah diselaraskan dengan Prioritas Tahun 2019 dalam RPJMD. Dengan menyimpulnya usulan-usulan tersebut, Rancangan RKPD dan Rancangan Renja Tahun 2019 dapat segera menyesuaikan dengan hasil pleno tersebut.