“Ngangsu Kawuruh” Proses Verval BDT Kabupaten Pacitan ke Bappeda Kabupaten Gunungkidul

Hits: 4

Sesuai dengan Peraturan Bupati Gunungkidul Nomor 32 TAHUN 2018 tentang Sistem Informasi Desa Sarana Mewujudkan Desa Aktif dan Sejahtera dan Sistem Informasi Kabupaten Guna Mewujudkan Masyarakat Gunungkidul Sejahtera dimana salah satu tujuan SIDA SAMEKTA adalah menjadi pedoman bagi desa dan daerah dalam pengelolaan dan pemanfaatan data serta informasi desa daerah. SIKAB Gumregah menjadi salah satu aplikasi digunakan oleh Kabupaten Gunungkidul dalam mendukung proses olah data penduduk miskin sebagai salah satu upaya untuk percepatan penanggulangan kemiskinan yang ada di Kabupaetn Gunungkidul, terutama berkaitan dengan penyediaan data sasaran program dan kegiatan penanggulangan kemiskinan.

Pada Senin, 17 Desember 2018 Bappeda Kabupaten Gunungkidul mendapatkan kunjungan dari Bappeda Kabupaten Pacitan terkait proses Verifikasi dan Validasi (verval) data BDT melalui SID. Kabupaten Pacitan sendiri menggunakan aplikasi dan pengembang yang sama yaitu Combine Resource Institution (CRI). Rombongan dari Kabupaten Pacitan yang terdiri dari Bappeda, Dinas Sosial, Dinas Kominfo Kabupaten Pacitan menanyakan secara detail tentang informasi yang berakitan denggan SID, baik dari secara kebijakan yang menaungi SID, program percepatan, dan pearturan yang menjadi dasar dari pengembangan SIDA SAMEKTA dan SIKAB GUMREGAH.

Proses yang secara komprehensif dan berkesinambungan dalam pemutakhiran data secara menyeluruh dengan aplikasi SIDA SAMEKTA di Gunungkidul tidak terlepas dari kerjasama dan koordinasi yang baik antara semua instansi yang ada di Kabupaten Gunungkidul, struktur jaringan infrastruktur internet yang back-up oleh Diskominfo, intergrasi data antara data SID dan SIKS-NG yang tidak terlepas dari kerajsama dengan Dinas Sosial dan Bagian Kesra Setda, Pemerintahan Desa di bawah kewenangan dari DP3AKBPMD, dan Bidang-bidang pengampu yang ada di Bappeda Kabupaten Gunungkidul. Namun demikian hal tersebut tidak terlepas dari bantuan ketua TKPK Kabupaten beserta tim yang selalu bekerjasama dalam mensukseskan pemutakhiran data BDT.

Verval BDT Tahun 2018 yang menjadi titik balik dari proses terintegrasinya data di SIDA SAMEKTA dan aplikasi SIKs-NG Kemensos, juga merupaka bukti dari berkesinambungannya antar OPD dalam upaya mewujudkan “SATU DATA” di Kabupaten Gunungkidul. Pelaksanaan pendataan Basis Data Terpadu (BDT) Kabupaten Gunungkidul Tahun 2018 yang dilaksanakan pada tanggal 12-12 November 2018 merupakan tindak lanjut dari sinkronisasi data yang tidak beririsan antara SID dan SIKS-NG. Dukungan dari Bupati Gunungkidul dalam upaya menurunkan angka kemiskinan yang ada di Kabupaten Gunungkidul di tunjukkan dengan dalam bentuk  Surat Edaran Bupati Gunungkidul Nomor 139/4762 tanggal 24 Oktober Tahun 2018 tentang Dukungan Kegiatan Verifikasi dan Validasi Data BDT 2018. Langkah-langkah proses verval BDT yang selalu melibatkan OPD baik vertikal dan horizontal, dapat terlihat dalam proses TOT di tingkat kecamatan di 18 kecamatan dengan melibatkan BPS Kabupaten Gunungkidul, DIskominfo, Dinsos, Disdukcapil.

Dengan melihat proses, tahapan secara menyeluruh dari Bappeda Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Pacitan berharap untuk dapat megadaptasi tahapan-tahapan proses verval BDT sehingga SID dapat lebih bermafaat sebagai rujukan utama data penerima sasaran program/kegiatan yang ada di Kabupaten Pacitan. (Nv-Fe)