PAMSIMAS DESA DENGOK RAIH HIBAH INSENTIF DESA TAHUN 2020

Hits: 0

Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Cipta Karya Nomor 15/Kpts/DC/2020 tentang Penetapan Desa Penerima Hibah Insentif Desa (HID) Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) memutuskan bahwa Desa Dengok Kecamatan Playen mendapat alokasi HID tahun 2020 sebesar Rp 210.000.000,- yang berasal dari APBN. Hibah dalam bentuk Bantuan Langsung Masyarakat, anggaran akan ditransfer langsung kepada masyarakat melalui Kelompok Kerja Masyarakat sesuai dengan Rencana Kerja yang telah disusun. Dalam pelaksanaannya, penerima HID wajib menyediakan dana pendampingan berupa in kind dan in cash senilai 20 % dari jumlah BLM yang diterima. In kind berupa tenaga kerja sedangkan in cash berupa uang cash dari masyarakat. Kewajiban share anggaran bertujuan agar masyarakat merasa memiliki dan bersungguh sungguh dalam pelaksanaan program.

HID diperuntukkan bagi Desa Pamsimas yang berkinerja baik. Kriteria penilaian yaitu keberfungsian system, penerapan tarif air minum kepada pelanggan, serta sudah terbebas dari buang air besar sembarangan (BABS).  HID ditujukan untuk pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yaitu pengembangan cakupan wilayah pelayanan. Dalam data monitoring tim Pakem,  Desa Dengok mempunyai idle capacity sumber air yang cukup untuk dikembangkan.

Pelaksanaan kegiatan dalam masa pandemic Covid 19 harus memperhatikan protocol kesehatan yang telah diterbitkan oleh pemerintah.  Dalam monitoring yang dilakukan oleh Tim Pakem bersama dengan fasilitator Pamsimas Kabupaten Gunungkidul di Desa Dengok, pemerintah Desa telah menyediakan bilik desinfektan, pengecekan suhu tubuh, dan sarana Cuci tangan pakai sabun (CTPS) di beberapa lokasi strategis.  Dalam pelaksanaan HID nanti agar para pihak mempedomani Petunjuk Teknis Pelaksanaan Program Pamsimas Dalam Masa Pandemi Covid 19 yang diterbitkan Direktur Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum demikian di katakan Nurudin Araniri selaku pimpinan rombongan monitoring mewakili tim Pakem dan Tim fasilitator Pamsimas Kabupaten Gunungkidul. (N/A-LHPU Fispra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *