PAMSIMAS KALURAHAN NGAWIS TETAP MELANGKAH DI TENGAH PANDEMI COVID 19

Hits: 0

Rabu (2/9) 2020 telah dilakukan pemantauan kegiatan PAMSIMAS (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) di Padukuhan Karanganom, Kalurahan Ngawis, Kapanewon Karangmojo. Kegiatan pemantauan ini dilakukan oleh Tim Panitia Kemitraan yaitu Nurudin Araniri (Bappeda) dan EKo Nur Cahyo (Setda).  PAMSIMAS adalah suatu program dari pemerintah pusat yang bertujuan untuk meningkatkan akses air minum dan sanitasi bagi warga masyarakat. Dengan  Pamsimas, diharapkan mereka dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat. Kegiatan PAMSIMAS ini menyasar pada kalurahan-kalurahan dengan keadaan kekurangan akses air minum di Gunungkidul, salah satunya adalah di Kalurahan Ngawis lebih tepatnya di Padukuhan Karangnom dengan kelompok pengelola yaitu Kelompok Keswadayaan Masyarakat “Nedyo Kabegjan”.

Rombongan tim Pakem dalam kunjungan lapangan ini pertama-tama mengunjungi kantor pengelola PAMSIMAS. Di tempat ini pihak pengelola memberikan penjelasan tentang progress PAMSIMAS di Padukuhan Karanganom. Pihak pengelola mengatakan bahwa progress pembangunan untuk PAMSIMAS adalah sedang berjalan pembangunan bak penampungan air dan pembuatan saluran pipa.

 

Selanjutnya Tim Pakem melakukan survei lokasi pembangunan saluran pipa dan pembuatan bak penampungan air. Saat melakukan survei pembangunan saluran pipa, rombongan disambut oleh para warga yang sedang gotong royong manggali saluran yang nantinya akan digunakan sebagai jalur pipa.

Penggalian tanah untuk jalur pipa PAMSIMASSelanjutnya dilakukan survei lokasi pembangunan bak penampungan air. Di Padukuhan Karangnom direncakanan menggunakan 2 bak penampungan air, yang satu sudah jadi (merupakan bangunan lama) dan satu lagi edang dalam tahap pembangunan.  Monitoring Tim Pakem juga didampingi oleh Lurah Ngawis serta Babinsa dan Babinkamtibmas.

Pembangunan Bak Penampungan Air

Kasubid Lingkungan Hidup dan Pekerjaan Umum Bappeda, Nurudin Araniri mengatakan bahwa progress pembangunan Pamsimas Karangnom ini sudah cukup baik dan  pelaksanaan agar mematuhi protocol pencegahan Covid 19 serta penyelesaian diusahakan tepat waktu. (N/A, LHPU)