PAMSIMAS MEWUJUDKAN HARAPAN WARGA PERBATASAN DESA GIRIJATI

Hits: 0

Desa Girijati Kecamatan Purwosari terletak 45 km di sisi Barat Daya Wonosari yang berbatasan langsung dengan Parangtritis di Kabupaten Bantul. Topografi yang berbukit dengan geologi batuan kapur sebagai penyusunnya menjadikan air sulit ditemukan di permukaan. Jarak yang jauh dengan sumber air jaringan perpipaan PDAM menjadikan wilayah ini belum terlayani jaringan PDAM. Masyarakat berharap Pemerintah Kabupaten memperhatikan mereka dengan penyediaan air yang cukup, kontinyu, berkelanjutan dan berkualitas.

Tahun 2019 tim Panitia Kemitraan (PAKEM) yang dikomandani Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Bappeda Kabupaten Gunungkidul Bambang Riyanto bersama dengan Tim Pamsimas Kabupaten Gunungkidul telah melakukan Sosialisasi Desa tentang Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS). Sosialisasi mendapat tanggapan antusias dari pemerintah desa dan masyarakat, sehingga pada tahun itu juga diusulkan untuk mendapat alokasi Pamsimas tahun 2020 dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Gunungkidul.

Pada tanggal 9 Maret 2020 Tim Pakem melakukan kunjungan lapangan untuk memastikan persiapan administrasi dan fisik rencana pelaksanaan kegiatan Pamsimas 2020 di Desa Girijati. Kunjungan diterima di Balai Desa Girijati oleh Kepala Desa, Babinsa, Babinkamtibmas, Kelompok Kerja Masyarakat (KKM) dan jajaran pemerintah desa. Pertemuan tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan yaitu :

  1. Masing-masing pihak akan tunduk dan patuh pada aturan yang ada dan siap melaksanakan kewajiban masing-masing.
  2. Kelompok Kerja Masyarakat (KKM) agar murni beranggotakan masyarakat dan tidak melibatkan perangkat desa, sehingga SK KKM yang sudah ada perlu dilakukan revisi.
  3. Pengadaan barang akan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten melalui DPUPRKP dengan mekanisme pengadaan barang/jasa, sedangkan upah tenaga ditransfer ke KKM.
  4. Segera membentuk Kelompok Pengelola SPAM.
  5. Sharing pendanaan dari APBDes senilai 35 jt sudah ada dalam penganggaran Desa 2020.
  6. Sharing dana dari masyarakat calon pemanfaat berupa in kind dan in cash sudah siap.
  7. Lokasi pamsimas di Kalijambu dusun Miri. Sumber air berupa mata airdengan sasaran 109 KK.

Setelah diadakan pertemuan Tim Pakem bergerak ke lapangan dengan didampingi pemerintah desa dan tokoh masyakarat untuk mengecek kondisi calon lokasi pamsimas beserta kesiapan sumber air bakunya. (/NA)