Penyusunan Dokumen Strategi Inovasi Daerah

Hits: 21

Pengembangan lokalitas melalui potensi lokal merupakan pendekatan pembangunan yang cukup realistis dan perlu segera di lakukan di Kabupaten Gunungkidul. Di butuhkan rencana strategi yang bisa menjadi acuan pembangunan perekonomian di Daerah Kabupaten Gunungkidul. Sudah menjadi tanggung jawab pemerintah daerah untuk  mendesain masa depan daerah. Visi, misi  dan strategi daerah yang ada selama ini berpijak pada potensi dan sumberdaya yang ada,   harus segera diikuti dengan pemanfaatan sumberdaya dan partisipasi stakeholder.

Disinilah Pemda perlu mengambil langkah–langkah proaktif, merangkul seluruh potensi masyarakatnya untuk menentukan masa depan bersama. Peran leadership sangat penting dalam gerakan pembangunan daerah. Daerah yang berhasil selalu mempunyai pemimpin lokal yang kuat, punya visi dan punya cita-cita membangun. Kejelasan dan sinergisitas  inilah yang pada akhirnya akan memberikan dampak positif bagi pembangunan daerah.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah kabupaten Gunungkidul (Budi Martono) menyampaikan perlunya lagkah yang kolaboratif dan sistemik agar daerah dapat berkonsentrasi dengan semua elemen yang terkait satu sama lainnya. Sentuhan-sentuhan lembaga riset telah terbukti meningkatkan daya saing produk lokal yang ada. Daerah dapat membangun daya saing secara efektif melalui peningkatan produktifitas. Produktifitas ini seyogyanya merupakan sebuah hasil dari rangkaian proses yang mendapatkan sentuhan teknologi terapan yang tepat dan efektif serta efisien. Hal ini menyangkut bagaimana memanfaatkan setiap sumberdaya secara bijaksana dan penciptaan nilai lebih bagi setiap produk.

Sementara Sekretaris BAPPEDA Kabupaten Gunungkidul (Asti Wijayanti) memberikan gambaran teknis terkait penyusunan kerangka dokumen Strategi Inovasi Daerah Kabupaten Gunungkidul Tahun 2011 – 2015.  Semua pelaku pembangunan seharusnya memiliki peran besar untuk memikirkan kemana strategi pembangunan daerah akan diarahkan. Namun konsep ini jika tidak dibarengi dengan pengembangan industri pendukungnya secara komprehensif maka justru akan berakibat pemborosan yang tidak terkendali. Pentingnya dokumen Strategi Inovasi Daerah Ini adalah sebagai pedoman pembangunan ekonomi Kabupaten Gunungkidul. Pada akhirnya dokumen ini akan menjadi dokumen pendamping dari dokumen perencanaan yang ada.

Namun eksistensi pendukung pembangunan seperti dokumen perencanaan yang ada ini  hanya akan menjadi arsip dan kertas bekas ketika secara kelembagaan maupaun implementasi, perencanaan tersebut tidak mampu di terjemahkan oleh SKPD yang ada.  Strategi yang baik bukan hanya mengarahkan daerah sehingga memiliki hal yang berbeda, tetapi harus mampu memberikan nilai tambah ekonomis yang tinggi kepada masyarakat. Untuk itulah BAPPEDA Kabupaten Gunungkidul bekerjasama dengan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) berusaha untuk merumuskan sebuah strategi baru dalam mengembangkan ekonomi Kabupaten Gunungkidul dengan inovasi dan langkah-langkah strategis sesuai dengan kemampuan daerah Kabupaten Gunungkidul. (Bappeda Gunungkidul-DIY)