PERCEPATAN CAPAIAN KINERJA TRIWULAN I

Hits: 0

Pada pertengahan Bulan Maret ini capaian kinerja keuangan Bappeda sebesar 9,33% masih jauh dari target sebesar 17,95%. Upaya untuk mempercepat capaian kinerja keuangan perlu dilakukan agar pada triwulan I capaian kinerja tidak terlalu jauh dari target yang diharapkan. Berdasarkan capaian kinerja program/kegiatan Bulan Januari, Bappeda menempati posisi ke-6 (dari 29 Perangkat Daerah Non Kecamatan) untuk kinerja keuangan dengan capaian 3,02% dan posisi ke-4 untuk kinerja fisik dengan capaian 6,77%. Pada Bulan Februari realisasi kinerja keuangan sebesar 7,23% dengan tingkat deviasi yang lebih besar dari Bulan Januari, sehingga diharapkan pada Bulan Maret ini capaian kinerja keuangan menjadi lebih baik. Hal ini disampaikan oleh Bapak Sekretaris Bappeda, Ir. Sri Agus Wahyono, M.Si. dalam memimpin Rapat Koordinasi Internal Percepatan Capaian Kinerja Program Kegiatan Triwulan I pada hari Kamis, 12 Maret 2020 di Ruang Rapat I Bappeda. Rapat dihadiri oleh pejabat struktural, bendahara pengeluaran dan bendahara pembantu pada masing-masing bidang.

Dalam rapat ini disampaikan pula kendala dan permasalahan dari masing-masing Bidang yang menyebabkan beberapa kegiatan yang deviasi kinerja keuangannya masih cukup tinggi. Secara optimis capaian kinerja beberapa kegiatan yang masih rendah, pada akhir triwulan I akan dapat diselesaikan sesuai dengan time schedule seperti Musrenbang RKPD dan rapat-rapat koordinasi. Beberapa kegiatan lain kemungkinan masih ada deviasi, namun diharapkan deviasinya tidak lebih dari 10%. Semua PPTK akan berupaya semaksimal mungkin untuk melaksanakan kegiatannya berdasarkan ROPK dan anggaran kas sampai Bulan Maret sehingga kinerja fisik dan keuangan pada triwulan I Bappeda menjadi lebih baik.

Selain itu diinformasikan pula bahwa Budaya Pemerintahan “SATRIYA” akan dibacakan pada saat apel hari Senin, 1 kali dalam 1 bulan. Budaya Pemerintahan “SATRIYA” adalah merupakan nilai-nilai yang terkandung di dalam filsofi Hamemayu Hayuning Bawana yang mengandung makna sebagai kewajiban melindungi, memelihara serta membina keselamatan dunia dan lebih mementingkan berkarya untuk masyarakat daripada memenuhi ambisi pribadi. Setiap ASN dalam menjalankan tugas dan kehidupan sehari-hari seharusnya:
1. BERWATAK KSATRIYA, dengan memegang teguh ajaran moral: Sawiji, Greget, Sengguh Ora Mingkuh, dan Semangat Golong Gilig.
2. SELARAS, selalu menjaga kelestarian dan keseimbangan dengan Tuhan, Alam, dan Sesama Manusia.
3. AKAL BUDI LUHUR-JATIDIRI, menjaga keluhuran jatidiri.
4. TELADAN-KETELADANAN, menjadi anutan/teladan/contoh bagi lingkungannnya.
5. RELA MELAYANI, memberikan pelayanan lebih dari yang diharapkan masyarakat.
6. INOVATIF, selalu melakukan pembaharuan yang bersifat positif kearah kemajuan.
7. YAKIN DAN PERCAYA DIRI, selalu melaksanakan tugas yang didasari atas keyakinan, percaya diri, dan bermanfaat.
8. AHLI-PROFESIONAL, mempunyai kompetensi, komitmen, dan prestasi pada pekerjaannya.