Perencanaan Keberlanjutan Pembangunan Jalan Ruas Tawang Ngalang

Hits: 0

Pembangunan jalan ruas Tawang Ngalang

Pembangunan infrastruktur berperan nyata dalam pengembangan perekonomian. Pembukaan akses jalan akan mempermudah konektifitas dan aksesibilitas antar wilayah, memperlancar arus barang dan pergerakan orang. Pembangunan jalan di Kabupaten Gunungkidul terus direncanakan dan dilaksanakan baik di sisi selatan maupun utara. Pembangunan JJLS sampai dengan saat ini masih terus dikerjakan sedangkan pembangunan jalur Tawang Ngalang juga terus dilaksanakan walau semuanya dilaksanakan secara bertahap.

Pembangunan jalan Tawang Ngalang diharapkan mampu menjadi jalur penghubung lintas Kabupaten dan juga menjadi jalan strategis pariwisata yang menghubungkan exit tol Prambanan dengan obyek-obyek wisata di Kabupaten Gunungkidul.  BRuas jalan Tawang Ngalang sepanjang 9,5 km sebagaimana perencanaan dari DPUPESDM DIY terbagi menjadi 5 segmen. Segmen 1 dari Tawang – jembatan Kedungkandang (1,9 km), segmen 2 dari Kedungkandang – Kepil (1,85km), Segmen 3 dari Kepil -Bobung (0,975 km), Segmen 4 dari Bobung- Ngalang 1 (3,40km), Segmen 5 dari Ngalang 1-Ngalang 2 (1,375km).

Trase Jalan Tawang Ngalang

Tahun 2021 direncanakan akan dibangun untuk segmen 1 dan 5 oleh DPUESDM DIY. Guna memperlancar pelaksanaan pembangunan nantinya, maka pada tahun 2020 ini dilakukan inventarisasi Aset dan Pembersihan Lahan. Pengadaan lahan telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul pada tahun 2019, sehingga asset dan pembersihan lahan menjadi kewenangan pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Ruas jalan ini merupakan kerja sama antara pemerintah Kabupaten dengan pemerintah DIY, pembebasan lahan menjadi tanggungjawab pemerintah kabupaten sedangkan pelaksanaan pembangunan jalan menjadi tugas pemerintah DIY. (LHPU/N.A)