PERENCANAAN PENAMBAHAN LAJUR RUAS JALAN WONOSARI PATUK

Hits: 0

Kondisi lalu lintas di tanjakan Salam Patuk

Jalan ruas Patuk Wonosari merupakan jalan nasional yang kewenangan penanganannya ada di pemerintah pusat melalui Satker Pelaksana Jalan Nasional wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.  Tidak dipungkiri bahwa ruas jalan tersebut merupakan jalan terpadat yang ada di wilayah Kabupaten Gunungkidul sebagai akses utama jalan  lintas Kabupaten dan Provinsi.

Pertumbuhan industri dan pesatnya perkembangan pariwisata menjadikan beban jalan semakin meningkat, belum lagi tingginya pekerja urban yang “Nglajo” lintas kabupaten dari Gunungkidul ke Kota Yogyakarta dan sebaliknya. Berdasarkan data dari Dinas Perhubungan Kabupaten Gunungkidul pada tahun 2019 terjadi 746 kecelakaan lalu lintas dengan korban meninggal dunia sebanyak 58 orang dan luka ringan 944 orang. Kecelakaan terjadi paling besar disebabkan oleh human error yaitu kekurang hati-hatian pengendara kendaraan. Faktor jalan yang sempit, banyak tikungan, tanjakan dan kepadatan arus lalu lintas yang tinggi menjadikan ruas jalan Patuk Wonosari sebagai jalan yang perlu segera dilakukan peningkatan kapasitas jalan dengan penambahan lajur jalan menjadi 4 lajur minimal pada jalan yang menanjak.

Hasil identifikasi yang dilakukan oleh bidang Fisik dan Prasarana Bappeda bersama dengan Perangkat Daerah terkait, menyimpulkan minimal ada 5 titik rawan yang perlu dilakukan penanganan segera. Titik itu meliputi ruas antara gapura pintu masuk Gunungkidul sampai dengan jembatan Kali Pentung, ruas tanjakan Putat, Ruas Tanjakan Sambipitu, Ruas tanjakan hutan Bunder, dan ruas antara balai Desa Gading sampai dengan rumah sakit Nur Rohmah.   Guna menindaklanjuti usulan perencanaan tersebut, maka dilakukan rapat koordinasi antara perangkat daerah terkait di Kabupaten Gunungkidul dengan Satker Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional DIY, Satker Pelaksana Jalan Nasional DIY, serta SKPD DPUPESDM DIY.  Rapat dilaksanakan pada Hari Rabu tanggal 23 September 2020 melalui daring dengan menggunakan aplikasi zoom meeting.

Kepadatan arus lalu lintas di Sambipitu Patuk

Nurudin Araniri selaku kasubid Lingkungan Hidup dan Pekerjaan Umum Bappeda Gunungkidul menyampaikan bahwa usulan ini sebenarnya telah dimasukkan dalam usulan saat diadakan koordinasi teknis perencanaan nasional yang digelar pada Bulan Maret 2020 di Jakarta, usulan penambahan lajur jalan ini didukung dan disepakati oleh Bappenas dan Kementerian PUPR.  “Bupati diharapkan segera bisa berkirim surat permohonan kepada Menteri PUPR agar ruas jalan Patuk Wonosari segera ditangani guna memperlancar arus lalu lintas dan meningkatkan keselamatan di jalan raya” demikian disampaikan Novic selaku wakil dari PPJN DIY. Selanjutnya kementerian PUPR melalui Satker Jalan nasional akan melakukan pengecekan lokasi dan perhitungan teknis untuk menindaklanjuti usulan ini.

(N/A, LHPU)