PIAGAM PENGHARGAAN TATANAN BARU COVID 19 DARI KEMENDAGRI

Hits: 0

Pada hari Senin 28 September 2020 bertempat di rumah dinas Bupati Gunungkidul Jalan Satria no 4 Wonosari, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menggelar acara penyerahan piagam penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri terkait Lomba Inovasi Daerah.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kabupaten Gunungkidul sukses menyabet juara II untuk Sektor Tempat Wisata Klaster Kabupaten dalam Lomba Inovasi Daerah yang diselenggarakan oleh Kementrian Dalam Negeri. Inovasi daerah yang dilombakan tersebut terdiri dari 7 sektor meliputi: pasar tradisional, pasar modern/mall (termasuk supermarket dan mini market,  restoran (termasuk café, rumah makan, warung makan, warung kopi dan sejenisnya), Hotel (termasuk vila, penginapan, wisma, losmen), PTSP (Pelayanan terpadu Satu Atap), Tempat Wisata dan Transportasi Umum. Masing-masing sektor  terbagi dalam 4  klaster daerah, yaitu: Klaster Propinsi, Klaster Kabupaten,  Klaster Kota  dan klaster Kabupaten Tertinggal/Perbatasan.

Materi lomba adalah pembuatan video berdurasi 1,5 menit tentang inovasi protocol kesehatan Covid-19 serta melakukan simulasi protocol tersebut di masing masing sektor.  Atas keberhasilan meraih juara 2 dalam ajang lomba tersebut Pemerintah kabupaten Gunungkidul berhak mendapatkan piagam penghargaan dan dana insentif daerah (DID).  Gunungkidul begitu tangguh dalam menyusun tatanan normal baru covid 19 dengan  kemasan baru protocol kesehatan pada Destinasi Wisata Nglanggeran. Keikutsertaan Pokdarwis Nglanggeran dalam lomba ini di komandani langsung oleh Bappeda selaku OPD yang membidangi bidang kelitbangan dan didukung oleh Dinas Pariwisata dan Dinas Kominfo.

Penyerahan piagam panghargaan tersebut dilakukan langsung oleh Ibu Bupati Hj Badingah, S.Sos kepada sdr Mursidi selaku ketua Pokdarwis Nglanggeran juara II pengelolaan tempat wisata dengan penerapan protokol kesehatan aman covid 19. Hadir dalam acara tersebut sejumlah pejabat dilingkup Pemerintah Kabupaten  diantaranya Kepala Bappeda, Kepala Diskominfo, Dinas Pariwisata, Panewu Patuk juga Lurah Nglanggeran.

Pada kesempatan tersebut Ibu Bupati Badingah, S.sos menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada Pokdarwis Nglanggeran yang senantiasa berhasil mencetak prestasi dan penghargaan serta membawa nama baik Gunungkidul. Bupati berharap sukses Nglanggeran ini bisa diduplikasi di destinasi dan desa wisata lain. Beliau juga menyampaikan bahwa hadiah berupa DID senilai 2 milyar dialokasikan utk mendukung sarana dan prasarana penangangan Covid 19 di Gunungkidul khususnya sektor Pariwisata. (Jalm)