Pra Musrenbang RKPD Kabupaten Gunungkidul Tahun 2021 di Kecamatan

Hits: 0

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Gunungkidul Nomor 18 Tahun 2012 tentang Tata Cara Penyusunan Rencana Pembangunan Daerah dan Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah. Tahapan musrenbang RKPD dimulai dari musrenbang desa, musrenbang kecamatan, dan forum PD. Tahap persiapan atau pra musrenbang adalah kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan sebelum musrenbang diselenggarakan. Kegiatan pra musrenbang dilaksanakan mulai tanggal 3-10 Januari 2020 yang tujuannya untuk mempersiapkan segala kebutuhan agar pelaksanaan musrenbang kecamtaan nantinya dapat berjalan dengan lancar dari segi proses sampai dengan substansi. Pelaksanaan pra musrenbang kecamatan dihadiri oleh unsur Kecamatan dan Desa.

Mekanisme pra musrenbang meliputi: 1) memilih fasilitator sidang pleno dan sidang kelompok; 2) penyepakatan daftar peserta musrenbang; 3) pembagian peserta musrenbang dalam sidang kelompok; dan 4) pencermatan dan penyempurnaan usulan hasil musrenbang Desa pada masing-masing kelompok. Pelaksanan pra musrenbang lebih lanjut dituangkan melalui Surat Edaran Bupati Kabupaten Gunungkidul Nomor 050/7041 tentang Tata Cara Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan Pedoman Perencanaan Pembangunan Tahun 2021.

Yang menjadi perhatian dalam proses ini adalah hasil entri usulan masing-masing desa berdasarkan jenis usulan Pagu Indikatir Sektoral (PIS) dan Pagu Indikatif Wilayah Kecamatan (PIWK) untuk perencanaan tahun 2021 melalui aplikasi e-Musren. Usulan hasil kesepakatan pada musrenbang tingkat Desa dikirim ke Kecamatan melalui aplikasi e-Musren yang selanjutnya dilakukan pengecekan terkait syarat dan ketentuan agar sesuai dengan kamus usulan. Selain itu kecamatan menyesuaikan hasil usulan desa dengan pagu PIS dan PIWK masing-masing kecamatan.

Usulan e_musren yang terentri harus memenuhi syarat dan ketentuan serta berdasarkan data desa di SID sesuai Surat Edaran Bupati Gunungkidul Nomor 140/5602 tanggal 23 Oktober 2019 bahwan SIDA SAMEKTA dan SIKAB GUMREGAH menjadi basis data dalam proses perencanaan. (/nv)