Rakor Integrasi SIDA SAMEKTA dengan SIKs-NG dan Pilot Project Desa Cerdas Informasi

Hits: 103

Jum’at 29 Maret 2019 di laksanakan Rapat Koordinasi tentang Persiapan Integrasi SIDA SAMEKTA dengan SIKs-NG, dan Persiapan pengiriman Desa sebagai Calon Pilot Project “Desa Cerdas Informasi” di Kabupaten Gunungkidul.

Koordinasi yang melibatkan beberapa instansi terkait seperti, Dinas Sosial, DP3AKBPMD, Disdukcapil, Sekeratariat Daerah, Tim Pengembang Combine Resource Institution, dan Koordinator Forum Pendamping Desa sebagai bentuk tindak lanjut dari Hasil Konsultasi dan Koordinasi Pelaksanaan Verval Basis Data Terpadu (BDT) ke Kementerian Sosial Republik Indonesia, pada Selasa, 26 Maret 2019.

Rakor Integrasi SIDA SAMEKTA dengan SIKs-NG
Rakor Integrasi SIDA dengan SIKs-NG

Terkait permasalahan hasil proses Verval dalam SIKs-NG yang belum terupdate, proses penggantian data PKH, BPNT dll akan ditindaklanjuti dengan pengecekan raw data dalam aplikasi di Command Centre Kemensos. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah data sudah diisi dengan benar dan lengkap sehingga dapat dianalisis. Proses integrasi antara SIDA SAMEKTA dan SIKs-NG yang sempat terhenti, Bidang Pengembangan Sistem Informasi Pusdatin Kemensos  telah menyepakati bahwa secara teknis proses integrasi dapat dilakukan. Sinyal positif tersebut dari Kemensos ditunjukkan dengan dibentuknya grup di salah satu media sosial sebagai sarana berkomunikasi antara daerah dengan pusat. Sebagai salah satu bentuk jaminan akan integrasi keberlangsungan proses tersebut, daerah diminta untuk segera menyiapkan dokumen administrasi seperti MOU, PKS dan yang lainnya. Dengan membuat persetujuan tentang time line dan time schedule untuk semua OPD yang terlibat, diharapkan target waktu dan data yang akan digunakan dalam integrasi dapat sesuai dengan target yang telah ditentukan oleh Kemensos. Persiapan dalam proses integrasi SIDA SAMEKTA dan SIKs-NG terutama tentang kesiapan data yang dimiliki dalam SIDA SAMEKTA tersebut sudah mulai dilakukan dari proses verval BDT tahun 2018, proses verifikasi data verval BDT Tahun 2018, dan proses perbaikan data BDT Tahun 2018. Proses perbaikan yang melibatkan seluruh desa di kabuapten Gunungkidul hingga saat ini masih berlangsung dan akan ditutup pada tanggal 31 Maret 2019.

Menindaklanjuti dari kunjungan Kementerian Perdesaan dan PDTT, OPD yang terkait diminta untuk memberikan saran tentang indikator apa saja yang perlu ditambahkan dalam pemilihan perwakilan desa dalam “Desa Cerdas Informasi”. Pemilihan Desa sebagai wakil dalam Pilot Project Kemendes PDTT  harus memenuhi beberapa kriteria seperti: Jumlah Artikel yang diunggah di web desa; banyaknya komentar dari artikel yang telah diupload; banyaknya pengunjung di masing-masing web desa,; medsos yang terhubung dengan web desa; dan dukungan anggaran dari pemerintah desa dalam pengembangan SIDA SAMEKTA.  Meskipun hanya  3 calon desa dari 8 desa dari seluruh Indonesia yang berasal dari Yogyakarta,  diharapkan tidak hanya 1 sebagai perwakilan dari Kabupaten Gunungkidul, diharapakan ada lebih dari 1 desa sebagai wakil dalam pilot project tersebut. (ve)

Satu Balasan untuk “Rakor Integrasi SIDA SAMEKTA dengan SIKs-NG dan Pilot Project Desa Cerdas Informasi”

Komentar ditutup.