RAPAT KOORDINASI PENYELENGGARAAN INFORMASI GEOSPASIAL DAERAH DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Hits: 0

 

Suasana Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Informasi Goespasial Kab.Gunungkidul

Selasa 8 September 2020 telah dilakukan rapat koordinasi terkait penyelenggaraan informasi Geospasial daerah di Kabupaten Gunungkidul yang dilaksanakan di Ruang Rapat 1 Bappeda Kabupaten Gunungkidul. Rapat ini mengundang beberapa pihak terkait diantaranya dari Sekretariat Daerah, BKAD, DPTR, Diskominfo, dan Bappeda. Rapat dimulai pukul 09.00 WIB diawali dengan paparan dari Bappeda.

Kasubid Penataan Ruang dan Pertanahan Muhammad Fajar Nugroho S.T selaku pimpinan rapat memberikan paparan yang mencankup beberapa hal terkait dengan tahapan pembangunan simpul jaringan seperti penyusunan peraturan dan kebijakan, pengembangan kelembagaan, pengelolaan dan pengembangan SDM, penerapan teknologi dan standar, penyiapan dan pengelolaan data, proses pembangunan simpul jaringan serta pembiayaan. Simpul jaringan sendiri merupakan lembaga yang bertanggungjawab dalam penyelenggaraan pengumpulan, pemeliharaan, pemutakhiran, penggunaan dan penyebarluasan data geospasial dan informasi geospasial tertentu. Dengan adanya simpul jaringan ini dapat memberi keuntungan yaitu terciptanya efisiensi dan efektivitas dalam berbagi pakai data secara horizontal (antar unit/SKPD) atau secara vertikal.

Diskusi yang dilakukan menghasilkan beberapa kesimpulan terkait data Geospasial yang ada di Gunungkidul masih kurangnya software pengolah data Geospasial dan juga kurangnya sumber daya manusia untuk mengolah data Geospasial Kabupaten Gunungkidul. Untuk mengatasi permasalahan terkait software dapat dilakukan dengan pengadaan dimasa mendatang, sedangkan perangkat keras serta jaringan internet yang dimiliki Kabupaten Gunungkidul sudah memadai. Guna mengatasi kurangnya SDM pengolah data geospasial  dilakukan dengan mengusulkan rekruitmen pada formasi usulan CPNS 2021, perekrutan tenaga ahli dan THL, serta melakukan pelatihan teknis tentang pembuatan simpul jaringan geospasial terhadap SDM yang sudah ada. Setelah semua pembahasan selesai, rapat ditutup pukul 11.30 WIB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *