Rapat Koordinasi Persiapan Verval BDT Tahun 2018

Menindaklanjuti hasil dari sinkronisasi data SID dengan SIKS-NG ada data yang tidak beririsan antara SID dan SIKS-NG, sehingga perlu ada tindak lanjut verifikasi dan validasi data SID yang tidak ada dalam SIKS-NG. Data yang tidak terdapat dalam irisan dibuatkan prelist sebagai dasar untuk pendataan.

Untuk mempersiapkan pendataan verifikasi dan validasi di tingkat desa, maka seluruh Kasi Kesos Kecamatan se-Gunungkidul menghadiri rapat yang diadakan pada hari Jum’at, 19 Oktober 2018 di Bappeda kabupaten Gunungkidul. Dalam rapat persiapan Verval BDT Tahun 2018 telah disepakati tahapan pelaksanaan, jadwal pelaksanaan di tingkat kecamatan dan desa, serta anggaran yang ada di kecamatan dan Bappeda. Adapun Tahapan-tahapan pelaksanaan pendataan BDT adalah:

  1. TOT di  tingkat kabupaten dengan peserta: Tim Pendataan Kabupaten dan Kasi Kesos Kecamatan dilaksanakan pada tanggal 7 November 2018.
  2. TOT di  tingkat kecamatan dengan peserta :Kades/Sekdes, Kabag Kesra, Operator SID, Dukuh dilaksanakan pada tanggal 12-21 November 2018
  3. Pelatihan Petugas pendata tingkat Desa dengan peserta Kader kesehatan/Karang Taruna dilaksanakan pada 14-27 November 2018.
  4. Pengiriman data hasil verval ke Kabupaten oleh Operator SID tanggal 17-24 November 2018.

Dalam Rapat Koordinasi TKPK Desa Tahap I, Musyawarah padukuhan,  Rapat Koordinasi TKPK DesaTahap II dapat menghasilkan data Rumah Tangga Sasaran (RTS) yang mengalami perubahan:

  1. RTS yang diduga status kesejahteraannya berubah (Meningkat status kesejahteraannya dan/atau status kesejahteraannya dianggap tidak layak masuk dalam daftar)
  2. RTS yang kepala rumah tangganya berubah.
  3. RTS yang jumlah dan/atau komposisi anggota rumah tangga (ART) berubah.

Diharapkan dengan pendataan BDT di tahun 2018 didapatkan data yang tervalidasi dan terverifikasi sesuai dengan basis Data yang ada di SID dan SIKS-NG (Kemensos).