RAPAT KOORDINASI RENCANA PENYUSUNAN MASTERPLAN PENTAAN KAWASAN WISATA PANTAI DI KECAMATAN PANGGANG DENGAN ARAH PENGEMBANGAN DI KECAMATAN SAPTOSARI

Hits: 26

Pada tanggal 6 Februari 2019 bertempat di Balai Desa Girikarto Kecamatan Panggang, Bappeda mengadakan pertemuan dalam rangka akan segera disusunnya Masterplan Penataan Kawasan Wisata Pantai di Kecamatan Panggang dengan Arah Pengembangan di Kecamatan Saptosari. Pertemuan ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Bappeda Kabupaten Gunungkidul. Pertemuan juga dihadiri oleh Kabid Perekonomian Bappeda, Kasubid Pemerintahan dan Pemberdayaan Masyarakat Bappeda, Kasubid Tata Ruang dan Pertanahan Bappeda, Kasubag Keuangan Bappeda, Kabid Pengaturan dan Pembinaan Tata Ruang Dinas Pertanahan dan Tata Ruang serta Kasi Sarana Wisata Dinas Pariwisata dan Camat Panggang. Sekretaris Bappeda menyatakan bahwa tujuan dari pertemuan ini yaitu untuk mengetahui potensi-potensi yang ada di Desa Girikarto dan Desa Giriwungu serta peta desa sebagai bahan deliniasi Kawasan sekaligus memetakan kepemilikan lahan. Pada rencana awal kawasan ini akan dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata yang juga akan mengembangkan potensi-potensi yang ada menjadi sebuah kawasan yang terpadu.

Pada kesempatan tersebut Camat Panggang juga menjelaskan tentang banyaknya potensi-potensi pantai di Kecamatan Panggang terdapat 9 (sembilan) pantai di Girikarto dan 2 (dua) pantai di Giriwungu, sedangkan Kepala Desa Girikarto menambahkan bahwa saat ini di Desa Girikarto tepatnya dipantai Kesirat terdapat tanah SG = 5 Ha dan juga beberapa lahan sudah dibeli oleh investor. Dan beberapa permasalahan yang ada di Pantai Gesing, selain hal tersebut Kepala Desa Giriwungu juga menambahkan bahwa di wilayah Desa Giriwungu belum ada Bumdes ataupun pokdarwis karena potensi pariwisata yang belum maksimal.

Acara selanjutnya dilanjutkan dengan survey lokasi di Desa Giriwungu tepatnya di Tanjung Cebol dan Pantai Ngunggah. Kedua lokasi ini masih sangat sepi dan belum terbuka untuk wisata umum dikarenakan akses yang masih sulit untuk mencapai kedua pantai tersebut. Pantai ini biasanya digunakan untuk spot memancing.

Pada intinya Pemerintah Desa Girikarto dan Pemerintah Desa Giriwungu menyambut baik dengan adanya rencana pembuatan Masterplan Penataan Kawasan Wisata di Kecamatan Panggang, kedua desa tersebut berharap dengan adanya rencana penataan ini bisa berdampak baik untuk kesejahteraan masyarakat kedepannya.