Rembuk Stunting

Hits: 0

Kamis, 16 April 2020 bertempat di Ruang Rapat I Sekretariat Daerah, diselenggarakan Rembuk Stunting oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan ini merupakan aksi ketiga dari delapan aksi integrasi penurunan stunting yang bertujuan untuk: menyampaikan hasil analisis situasi dan rencana kegiatan intervensi penurunan stunting terintegrasi; mendeklarasikan komitmen pemerintah kabupaten dan menyepakati rencana kegiatan intervensi penurunan stunting terintegrasi; serta membangun komitmen publik dalam penurunan stunting secara terintegrasi di kabupaten. Rembuk Stunting dihadiri Sekretaris Daerah (mewakili Bupati), DPRD, Perangkat Daerah terkait, perwakilan instansi vertikal, perwakilan Camat, perwakilan Kepala Desa, perwakilan masyarakat, organisasi profesi dan unsur pemangku kepentingan lainnya.  Meskipun format acara dan keterwakilan undangan harus menyesuaikan dengan adanya covid-19, namun acara dapat berjalan dengan lancar sesuai tujuan.

Acara diawali dengan laporan penyelenggaraan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Kepala Bappeda dan Kepala Dinas Kesehatan. Kepala Dinas Kesehatan dalam paparannya menyampaikan situasi permasalahan gizi  di Kabupaten Gunungkidul dan dampaknya. Sementara Kepala Bappeda menyampaikan materi pelaksanaan aksi integrasi penurunan stunting di Kabupaten Gunungkidul berikut rencana program dan kegiatan yang mendukung pencegahan stunting terintegrasi. Peserta rembuk stunting selanjutnya memberikan tanggapan dan masukan dalam sesi diskusi. Kesepakatan rencana program dan kegiatan dalam penanggulangan stunting dituangkan dalam berita acara yang ditandatangani oleh seluruh peserta rembuk stunting. Dalam kesepakatan tersebut juga disebutkan bahwa kebijakan penanggulangan stunting akan disinergikan dan disesuaikan dengan kebijakan perencanaan dan penganggaran terkait Covid-19.

Sekretraris Daerah mewakili bupati menyampaikan kebijakan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dalam penanggulangan stunting serta membacakan deklarasi penanggulangan stunting Kabupaten Gunungkidul yang diikuti oleh seluruh peserta. Di akhir acara ditandatangani berita acara penyelenggaraan rembuk stunting, komitmen, dan deklarasi oleh seluruh peserta rembuk stunting. Adapun komitmen yang disepakati dalam rembuk stunting adalah: 1) melaksanakan koordinasi lintas sektor secara berkala dalam rangka intervensi penurunan stunting terintegrasi, pengoptimalan sumber daya, sumber dana, dan pemutakhiran data; 2) mengoptimalkan peran perangkat daerah, pemerintah desa, masyarakat, serta pemangku kepentingan lainnya dalam percepatan penurunan stunting terintegrasi; 3)melaksanakan aksi konvergensi penurunan stunting terintegrasi termasuk menyelenggarakan intervensi gizi spesifik dan intervensi gizi sensitif sesuai dengan kewenangan masing-masing; 4) melaksanakan sosialisasi dan diseminasi kebijakan penanggulangan stunting dan mendorong seluruh pihak berkonstribusi aktif dalam upaya penurunan stunting terintegrasi; dan 5) melaksanakan kampanye perubahan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam percepatan pencegahan stunting. (Tim)