SEMINAR INTERNASIONAL “SUSTAINABLE WATER MANAGEMENT”

Hits: 45

Pada hari Selasa, 20 Agustus 2019 dilaksanaan Seminar Internasional  bertajuk  “Sustainable Water Management”  bertempat di The Sahid Jaya Hotel Yogyakarta. Seminar ini menghadirkan nara sumber  dari berbagai negara diantaranya adalah Indonesia, Singapura, Myanmar, Thailand dan Nepal.  Acara seminar ini terselenggara atas kerjasama antara Institut Teknologi Yogyakarta (ITY) dengan NEWRI-Nanyang Technological University (NTU) Singapore.

Prof. Chafid Fandeli, Rektor Institut Teknologi Yogyakarta, dalam sambutan selamat datang menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh peserta khususnya para pembicara yang telah hadir memenuhi undangan. Untuk narasumber dari Indonesia diantaranya adalah dari Kementerian PUPR, Bappeda Kabupaten Gunungkidul, dan ITY.

Prof. Shane Snyder, Executive Direkctor NEWRI-NTU,  disamping menyampaikan penghargaan kepada ITY atas terselenggaranya kerjasama ini juga menyampaikan bahwa seminar ini menjadi penting sebagai ruang untuk bertukar pengalaman, ide dan gagasan antar berbagai stakeholders lintas negara untuk mendapatkan model dan sulusi yang lebih baik tentang bagaimana pengelolaan air dapat dilakukan secara berkelanjutan demi generasi mendatang.

Acara dibuka oleh Sri Paduka Paku Alam X didahului dengan menyampaikan sambutan pembukaan dilanjutkan dengan saling tukar cindera mata dengan NTU, Kementerian PUPR, Bappeda Gunungkidul  dan ITY.

Kepala Bappeda Kabupaten Gunungkidul  Sri Suhartanta, SIP, M.Si. hadir sebagai narasumber  memaparkan tentang Kebijakan Pengelolaan Air Bersih di Kabupaten Gunungkidul , ditinjau dari berbagai aspek diantaranya aspek teknologi, aspek kelembagaan, aspek pembiayaan dan aspek peranserta masyarakat. Disampaikan pula tentang kondisi eksisting pengelolaan air bersih di Kabupaten Gunungkidul, potensi dan permasalahan yang dihadapi.

Adapun peserta seminar diantaranya adalah DPUPRKP, Dinas Pariwisata dan DLH se DIY, BATAN, para akademisi baik dalam dan luar negeri serta para pemerhati  pengelolaan air bersih. (FP)