Sidang Paripurna Pertama Dewan Riset Daerah Kabupaten Gunungkidul 25 Juli 2018

Gunungkidul – Bertempat di Ruang Rapat Barat Lantai II Bappeda Kabupaten Gunungkdiul diselenggarakan “Sidang Paripurna Dewan Riset Daerah Kabupaten Gunungkidul Tahun 2018” pada hari Rabu (25/07). Hadir dalam acara tersebut adalah Ketua Dewan Riset Nasional, Anggota Dewan Riset Daerah Kabupaten Gunungkidul, Wakil Bupati Gunungkidul, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala BPTBA LIPI Yogyakarta, pejabat struktural maupun staf perwakilan dari OPD di Kabupaten Gunungkidul, Pokdarwis dan beberapa LSM serta UKM di Kabupaten Gunungkidul.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Gunungkidul, Sri Suhartanta S.IP., M.Si sekaligus Wakil Ketua Dewan Riset Daerah  mengucapkan terimakasih kepada Dewan Riset Nasional dan seluruh perserta Sidang Paripurna DRD tahun 2018, tema pada Sidang tanggal 25 Juli 2018 ini adalah “Pembangunan Pariwisata Lintas Sektor Sebagai Salah Satu Upaya Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Gunungkidul”.

Dalam kesempatan ini Staf Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan Kabupaten Gunungkidul Saptoyo, S.Sos, M.Si menyampaikan sambutan Bupati Gunungkidul yaitu ucapan selamat datang kepada Ketua Dewan Riset Nasional dan ucapan terimakasih kepada Dewan Riset Daerah Kabupaten Gunungkidul atas sumbangsih pemikiran tentang pengelolaan pariwisata, perijinan, Pendapatan Asli Daerah, penanggulangan kemiskinan, perumusan riset daerah dan percepatan pencapaian pembangunan daerah. Ibu Bupati berharap Organisasi Perangkat Daerah melakukan kerjasama dengan Dewan Riset Daerah dalam menyelesaikan masalah pembangunan Kabupaten Gunungkidul.

Narasumber pertama pada Sidang Paripurna Dewan Riset Daerah yaitu Ketua Dewan Riset Nasional Dr. Ir. Bambang Setiadi, MS, beliau menyampaikan materi tentang Perkembangan Dewan Riset Daerah dan Undang-undang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi. Dalam hal ini disampaikan Harmonisasi UU 18/2002 dengan pemikiran tentang UU Inovasi adalah salah satu cara terbaik meningkatkan peran iptek dalam menggerakkan kemakmuran dan kesejahteraan bangsa. Untuk memperkuat kehadiran Negara dalam proses pembangunan berbasis Iptek perlu dibentuk Dewan Riset dan Inovasi Nasional dan Dewan Riset & Inovasi di Daerah.

Narasumber ke dua oleh salah satu anggota DRD Kabupaten Gunungkidul Drs Hendrie Adji Kusworo, M.Sc., Ph.D, menyampaikan materi tentang Penanggulangan kemiskinan melalui pariwisata yang mencakup perspektif kewiralembagaan pariwisata, kemiskinan dan Entrepreneurship.

Materi ketiga disampaikan Wakil Bupati Gunungkidul Dr. H. Immawan Wahyudi, M.H tentang Penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Gunungkidul. Materi berisi tentang penyusunan SPKD yang merupakan strategi penanggulangan kemiskinan daerah, peningkatan validitas data kemiskinan, integrasi program penanggulangan kemiskinan di penguatan kelembagaan penanggulangan kemiskinan.

Narasumber keempat dari Kepala Dinas Pariwisata Ir. Asti Wijayanti, M.H. beliau memaparkan tentang Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Gunungkidul yang terdiri dari potensi wisata, permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan tugas dan fungsi layanan, arah kebijakan pariwisata dan dampak pariwisata terhadap kemiskinan.