Sinergi Bappeda Dengan Lakpesdam PBNU

Hits: 25

Kepala Bappeda Gunungkidul, Sri Suhartanta, SIP. M.Si didampingi oleh Sekretaris dan semua Kepala Bidang, Selasa 22 Januari 2019 menerima kunjungan Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) PBNU Kabupaten Gunungkidul yang dipimpin oleh Bapak M. Thonthowi. Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk menyampaikan beberapa program yang sudah dilaksanakan oleh Lakpesdam PBNU dalam menyikapi beberapa isu yang terjadi di masyarakat. Menurut M. Thonthowi, sebagai perangkat PBNU yang berfungsi untuk melakukan kajian isu-isu strategis dan pemberdayaan manusia, beberapa upaya telah dilakukan dan pada kesempatan ini, Lakpesdam berharap bisa menjalin sinergi yang lebih baik dengan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul khususnya Bappeda.

Disampaikan lebih lanjut oleh M. Thonthowi, bahwa beberapa peran dan fungsi Lakpesdam antara lain adalah :

  1. Melakukan kajian isu-isu strategis kebangsaan dan keislaman
  2. Melakukan advokasi kebijakan publik dasar, khususnya terkait pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan sosial
  3. Mengarusutamakan pelaksanaan nilai-nilai Islam ahli Sunnah waljamaah an nahdhiyah yang moderat, toleran, mengakui dan menghargai keragaman, ramah dan berkeadilan.
  4. Mendinamisasi pemberdayaan manusia
  5. Mengelola pengetahuan dan sumber-sumbernya agar memberikan manfaat dalam pemberdayaan manusia dan pengembangan ilmu.

Kepala Bappeda menyambut baik atas kehadiran Pengurus Lakpesdam PBNU Kabupate Gunungkidul dan mengharapkan agar ke depan ada sinergi beberapa program, baik yang menjadi ketugasan Bappeda maupun yang dilaksanakan oleh Lakpesdam PBNU. Lebih lanjut Sri Suhartanta, SIP., M.Si menyampaikan tentang fungsi Bappeda, dalam hal perumusan bahan kebijakan teknis di bidang perencanaan pembangunan daerah, fungsi pembinaan dan koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah di bidang perencanaan pembangunan daerah, dan pelaksanaan pengkajian dan evaluasi serta pelaporan di bidang perencanaan pembangunan daerah. Dikatakan bahwa beberapa fungsi yang disebutkan tadi selaras dan bisa dikerjasamakan dengan beberapa hal yang dilakukan oleh Lakpesdam PBNU.

Pada kesempatan tersebut, Lakpesdam PBNU juga menyerahkan hasil kajian tentang APBD Kabupaten Gunungkidul Tahun 2017-2018 yang berjudul “Menilik Kebijakan Anggaran Untuk Penguatan Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Gunungkidul”.  Hasil Kajian yang dilakukan terhadap jamaah masjid diperoleh data bahwa pada saat ini telah terjadi penurunan angka kemiskinan, penurunan paham radikalisme/intoleransi. Kajian yang dilakukan dilakukan di Kecamatan Patuk, Gedangsari, Semanu, Semin, dan Karangmojo tersebut juga mengungkap tentang perlunya peningkatan ekonomi umat, perlindungan anak dan pencegahan KDRT, pengurangan penyalahgunaan Napza, dan upaya mencegah pergaulan bebas di kalangan remaja. (R-G)