SOSIALISASI KRENOVAMASKAT 2020

Hits: 0

Bappeda Gunungkidul  melalui Subbidang Penelitian dan Pengembangan pada hari Rabu 22 Januari 2020 melakukan kegiatan Sosialisasi Lomba Krenovamaskat (Kreativitas dan Inovasi Masyarakat), bertempat di ruang rapat 2 lantai 2 Bappeda Gunungkidul Jalan Satria 3, Wonosari Gunungkidul. Sosialiasasi tahap pertama ini menghadirkan seluruh Sekolah Menengah yang terdiri dari SMA, SMK maupun SMP sederajat se-Kabupaten Gunungkidul.

Pada kesempatan tersebut Kepala Bappeda Sri Suhartanta S.IP., M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa  Indeks Pembangunan Manusia  di Kabupaten Gunungkidul masih rendah dibanding dengan kabupaten-kabupaten yang ada di DIY. Hal ini perlu diupayakan  peningkatannya, terlebih kita mempunyai potensi dari inovasi-inovasi  yang dihasilkan tidak kalah dengan daerah yang lain. Demikian juga hasil dari inovasi-inovasi  tersebut diharapkan dapat mendongkrak Indeks Inovasi Daerah Gunungkidul untuk meraih penghargaan Innovative Government Award (IGA). Disampaikan juga bahwa perencanan pembangunan yang dilakukakan haruslah didukung oleh penelitian maupun riset. Salah satu upaya untuk mendapatkan inovasi/riset itu adalah melalui lomba krenovamaskat, lomba tersebut dilaksanakan setahun sekali dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Gunungkidul.

Sementara itu Kepala Bidang Penelitian, Pengembangan, dan Pengendalian Rismiyadi SP, M.Si  mengharapkan dalam lomba krenovamaskat tahun 2020 ini akan ada peningkatan kualitas inovasi, serta dengan dibukanya tambahan kategori ASN jumlah peserta yang ikut juga meningkat.

Sosialisasi Lomba Krenovamaskat 2020 secara teknis disampaikan oleh Jalma Winarta MS,SP Kasubbid Penelitian dan Pengembangan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Gunungkidul.  Lomba Krenovamaskat 2020 mengangkat tema “Mewujudkan Gunungkidul Sebagai Daerah Terkemuka dan Berbudaya Melalui Inovasi dan Kreativitas Masyarakat”. Lomba ini terbuka untuk masyarakat umum, pelajar sekolah menengah SMP, SLTA sederajat dan Aparatur Sipil Negara(ASN) di lingkup pemerintah Kabupaten Gunungkidul.  Pendaftaran dibuka mulai tanggal 22 Januari sampai dengan 20 Maret 2020. Pemenang akan diberikan pengharagaan berupa uang pembinaan, piagam, serta trofi. Penganugerahannya akan diserahkan pada malam tirakatan hari jadi Kabupaten Gunungkidul. Materi sosialisasi dapat di download di bit.ly/PanduanKrenovamaskat (Jalm.)