Tim Panitia Kemitraan PAMSIMAS Berburu Sumber Air Di Kalurahan Giripurwo Kapanewon Purwosari

Hits: 0

Tim Pakem dan Tim Pamsimas melakukan sosialisasi.

Panitia kemitraan (Pakem) melakukan sosialisasi desa calon lokasi Pamsimas 2021 di  Kalurahan Giripurwo pada Hari Selasa tgl 18 Agustus 2020, bertempat di Balai Kalurahan Giripurwo Kapanewon Purwosari.  Tim Pakem bersama dengan District Coordinator (DC) Pamsimas dan tim Fasilitator Teknik (FS) Pamsimas Kabupaten Gunungkidul melakukan sosialisasi kepada masyarakat Padukuhan Tlogowarak, Kacangan dan Jlumbang.

Akses air minum layak di Kalurahan Giripurwo saat ini sebanyak 958 KK dari 1.810 KK keseluruhan.  Hampir 50 % warga belum mengakses air minum layak dan berkelanjutan.   Sumber air berasal dari 2 tempat yaitu luweng Pego dan mata air  Jlumbang.

Luweng Pego

Luweng Pego adalah sungai bawah tanah dengan kedalaman 100 m bawah tanah. Sebagian dimanfaatkan oleh warga untuk dusun Tlogowarak dan Kacangan dengan menggunakan pompa 3 phase yang dibangkitkan dengan generator untuk melayani 250 KK. Operasional ditangani oleh pengelola air bersih dan sudah berjalan dengan baik. Pamsimas diharapkan bisa mengintervensi untuk 3 Dusun (Tlogowarak (kelembagaan), Jlumbang (jaringan perpipaan), Kacangan ( kelembagaan).

Mata air Jlumbang

Kondisi penyediaan air bersih di Dusun Jlumbang saat ini dengan memanfaatkan mata air yang diambil secara manual oleh warga menggunakan jerigen. Mereka berharap tahun 2021 desa mereka bisa mendapat alokasi program Pamsimas regular sehingga bisa mendapat air bersih yang berkualitas dan kontinyu.

(LHPU/NA)