Tingkatkan Kualitas Evaluasi, 2019 Bappeda Lakukan Kustomisasi e-Monev

Hits: 33

Koordinasi Kastemisasi e-Monev di Ruang Rapat Litbangdal

Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tatacara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tatacara Evaluasi RPJPD dan RPJMD, serta Tatacara Perubahan RPJPD, RPJMD, dan RKPD telah diamanatkan kepada Pemerintah Daerah untuk melaksanakan uji kesesuaian antara pelaksanaan APBD dengan dokumen perencanaan. sebagaimana tersebut di atas. Sejalan dengan itu, Bappeda telah mengembangkan aplikasi e-monev sejak beberapa tahun terakhir. E-monev Bappeda berfungsi untuk memantau serapan anggaran Pemda secara konsisten, efektif dan akurat. Aplikasi ini mengakomodir monitoring dan evaluasi untuk dana-dana yang masuk dalam APBD.

Agar evaluasi yang dijalankan lebih efektif, setiap tahun dilakukan upaya perbaikan atau kustomisasi terhadap aplikasi tersebut. Pada tahun 2019, masih ada beberapa permasalahan dijumpai, sehingga mendasari dilakukan perubahan, yaitu :

  1. Kebutuhan analisis data yang semakin berkembang
  2. Mengikuti perkembangan pada aplikasi pendukung, yaitu E Planing dan E Budgeting
  3. Masih ditemukan beberapa fitur pada aplikasi E Monev belum berfungsi sempurna
  4. Penguatan peran bidang pengampu perlu ditambahkan
  5. Dijumpai masalah tentang rumitnya evaluasi pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga
Diskusi dengan Dinas Dikpora untuk Kastemisasi e-Monev

Dengan melibatkan beberapa stakeholder, Bappeda, Badan Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Komunikasi dan Informatika, Bagian Administrasi Pembangunan, dan Tim Konsultan telah dikoordinasikan untuk melakukan beberapa perubahan, meliputi :

  1. Penyediaan fitur target triwulan agar untuk memudahkan penghitungan capaian target per triwulan.
  2. Penyesuaian fitur dan berusaha mengalirkan data-data yang ada dalam e-planning dan SIPKD. Dengan ini diharapkan mempermudah dalam input data master dan meminimalisir kesalahan. Kemudahan ini diharapkan juga akan memudahkan dalam update perubahan anggaran pada tahun berjalan.
  3. Penyempurnaan fitur e-monev yang sudah ada yang kurang berfungsi optimal
  4. Penambahan fitur verifikasi oleh bidang pengampu. Bidang Pengampu Di Bappeda Agar Lebih Berperan Aktif Dalam Mengawal Dari Perencanaan Hingga Evaluasi
  5. Menu Verifikasi Awal Oleh Bidang Pengampu. Bidang pengampu di Bappeda agar lebih berperan aktif dalam mengawal dari perencanaan hingga evaluasi melalui desk kinerja per triwulan.
  6. Membuat link khusus untuk pelaporan dari Disdikpora.

Dengan perbaikan-perbaikan tersebut, diharapkan juga ada penjelasan terhadap angka deviasi 5%, sehingga laporan yang dimasukkan dalam aplikasi ini dapat lebih dipertanggungjawabkan.

Ke depan, melalui integrasi yang lebih kuat antara proses perencanaan, penganggaran, dan evaluasi diharapkan akan lebih memudahkan sehingga Perangkat Daerah tidak mengalami dobel entri lagi. (RG)