TOT PEMANFAATAN DATA SIKAB GUMREGAH

Hits: 10

Dalam rangka peningkatan ketepatan sasaran dalam perencanaan program kegiatan terutama dalam mendukung visi dan misi Bupati, perlu dilakukan pelatihan pemanfaatan data SIKAB GUMREGAH. Pelatihan pemanfaatan data tersebut bertujuan dalam menyamakan pemahaman dalam menentukan sasaran program/kegiatan, tidak hanya dalam program/kegiatan penanggulangan kemiskinan, namun juga dalam program/kegiatan yang mendukung Indikator Kinerja Utama Daerah Kabupaten Gunungkidul.
Sehubungan dengan hal tersebut, maka BAPPEDA Kab. Gunungkidul mengadakan pelatihan kepada Operator SIKAB GUMREGAH seluruh Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ).


Pelatihan ini berlangsung pada Kamis ( 12/09/2019 ), di Ruang Rapat II Lt. 2 BAPPEDA Kab. Gunungkidul. Acara di pimpin langsung oleh Ir. Sri Agus Wahyono,M.Si selaku Sekretaris BAPPEDA Kab. Gunungkidul dan dihadiri oleh semua OPD.
Narasumber pelatihan untuk operator SIKAB GUMBREGAH ini dari Combine Resource Institution, yang membahas cara memanfaatkan data yang ada pada SIKAB GUMREGAH. Desa yang merupakan sumber data bagi kabupaten, telah melakukan proses pendataan dan input data dalam SIDA SAMEKTA. Tidak hanya data tentang 40% warga dengan tingkat kesejahteraan terendah di gunungkidul, namun tersedia juga data tentang potensi desa, kependudukan, dan kesehatan dalam PIS-PK. Data Desa dalam SIDA SAMEKTA yang teragregasikan dalam SIKAB GUMREGAH, merupakan satu-satunya sumber data yang langsung berasal dari desa, yang dapat diakses langsung oleh OPD di level Kabupaten.
Harapan dari pelatihan tersebut adalah Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ) dapat menggunakan dan memanfaatkan data yang ada pada SIKAB GUMREGAH untuk mendukung pelaksanaan kegiatan pada masing-masing sektor, sehingga target dari masing-masing output kegiatan dapat tercapai. (/yl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *